ADVERTISEMENT

100 Tahun Eka Tjipta Widjaja: Peduli Melalui Wakaf dan Bazar

Sponsored - detikNews
Senin, 30 Mei 2022 17:24 WIB
Sinarmas
Bersama Buya Syafii Maarif (kiri) dalam wakaf dan bazar di Yogyakarta, 2019 (Foto: Sinarmas)
Jakarta -

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, sedangkan Sinar Mas menaungi Asia Pulp and Paper Sinar Mas, salah satu penghasil kertas terbesar. Hanya saja, di negeri ini akses umat muslim terhadap Al-Qur'an belum memadai.

Estimasi Kementerian Agama, dengan jumlah mencapai sekitar 200 juta jiwa, menggunakan asumsi setiap keluarga muslim beranggotakan empat orang, terdapat kebutuhan hingga 50 juta mushaf. Sementara Al-Qur'an yang beredar atau tercetak, baru mencapai 20 juta kitab setiap tahunnya.

Pada sisi lain, pabrik APP Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Tangerang Mills sejak 2004 silam mengusung lini kertas bermerek Sinar Tech, yang dikembangkan khusus untuk pencetakan kitab suci Al-Qur'an.

Meramu inisiatif sosial yang selaras dengan kebutuhan masyarakat, sekaligus sesuai dengan kapasitas perusahaan, memunculkan Wakaf Quran untuk Negeri pada tahun 2008, yang masih berlanjut hingga kini.

Bentuknya adalah donasi mushaf Al-Qur'an yang tercetak di atas kertas Sinar Tech, atau dikenal luas sebagai QPP (Quran Paper). Keseluruhan, melalui kegiatan ini telah terdonasikan lebih dari 1 juta mushaf Al-Qur'an.

Wakaf Quran untuk Negeri semakin pas kala berlangsung dalam bulan Ramadan, yang menjadi momentum penuh berkah bagi umat muslim untuk bertadarus, membaca, memahami dan memaknai dan mengamalkan isi Al-Qur'an secara kontekstual.

"Wakaf menjadi bagian dari corporate social responsibility kami, karena menjembatani akses masyarakat terhadap kitab suci Al-Qur'an, sehingga masyarakat memiliki kesempatan lebih luas guna memperkuat akhlak mulia lewat mengaji," kata Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin dalam keterangan tertulis.

SinarmasSaleh Husin menyerahkan Al'Qur'an kepada Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (Foto: Sinarmas)

Walhasil, jelang, sepanjang hingga selepas Ramadan tahun ini, Sinar Mas melalui Yayasan Muslim Sinar Mas, tentunya melibatkan pula sejumlah pilar bisnis lainnya, berhasil mewakafkan hingga 26 ribu mushaf ke berbagai kalangan.

Menjangkau mulai dari organisasi kemasyarakatan, lembaga pendidikan, sarana peribadatan, bahkan juga media massa, dan dengan bantuan TNI AL, mengirimkannya ke sejumlah pulau terluar Nusantara.

"Melalui kegiatan ini, kami dapat berdonasi sosial barang yang kami produksi sendiri, dengan harapan manfaatnya terasakan oleh semua pihak yang terlibat. Tahun ini, pelaksanaannya bertepatan dengan peringatan 100 tahun kelahiran pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja," ujar Saleh.

Selain wakaf, program lama yang masih menjadi andalan adalah menggelar kembali bazar minyak goreng. Selain dalam momentum Idul Fitri serta perayaan 100 tahun kelahiran Eka Tjipta Widjaja, bazar berbarengan dengan terjadinya kelangkaan minyak goreng.

"Agar masyarakat semakin mudah mendapatkannya, optimalisasi produksi berikut penyaluran minyak goreng bagi masyarakat, kami padukan dengan inisiatif sosial melalui bazar. Sejalan dengan filosofi Pak Eka Tjipta tentang kepedulian serta kebersamaan," kata Managing Director Sinar Mas, Ferry Salman.

SinarmasManaging Director Sinar Mas Ferry Salman bersama Menkopulhukam Mahfud MD di kantor Kemenkopolhukam (Foto: Sinarmas)

Kini, sebutan yang digunakan adalah Bazar Minyak Goreng Ramadan. Pandemi memang mulai terkendali, tapi belum lagi tuntas, sehingga pelaksanaannya sepanjang awal hingga pengujung April, banyak menggandeng instansi pemerintah agar penerapan protokol kesehatan bisa lebih terjamin.

Khalayak sasaran program ini sejak bermula tahun 2005, umumnya adalah masyarakat, serta sebagian lainnya tertuju ke karyawan lembaga pemerintah.

President Office Sinar Mas yang di beberapa kota mendapatkan dukungan Paguyuban Sinar Mas, sempat menyalurkan 120 ribu liter minyak goreng kemasan, seharga Rp 15.000 per liter, melalui pelaksanaan sebanyak 40 gelaran. Memelihara nilai kebersamaan dan kepedulian, dengan wakaf dan bazar.

Simak kegiatan peduli melalui wakaf dan bazar Sinarmas di sini.

(Content Promotion/Sinarmas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT