Kendaraan Dilarang Melintas di CFD Tomang, Warga Tuntun Motornya

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 29 Mei 2022 09:25 WIB
Warga menuntun motornya di lokasi CFD Jalan Tomang
Foto: Karin Nur Secha/detikcom
Jakarta -

Car free day (CFD) alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta diadakan lagi hari ini. Kawasan Jl Tomang Raya, Jakarta Barat, menjadi salah satu lokasi car free day.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (29/5/2022) pukul 08.30 WIB, warga mulai berdatangan di lokasi. Kebanyakan dari mereka berlari santai.

Selain itu, tak sedikit dari mereka bersepeda di sepanjang jalan. Terlihat juga di antara mereka bermain sekuter di lokasi.

Perlu diketahui, saat CFD berlangsung tidak boleh ada kendaraan yang melintas. Namun, dikarenakan kawasan CFD Tomang banyak ruko ini berarti beberapa karyawan yang masuk hari Minggu pun harus melintas jalur ini.

Mereka tidak diperbolehkan melintas di jalur CFD dengan mesin kendaraan yang menyala. Alternatifnya, mereka menuntun kendaraannya menuju lokasi mereka.

Sementara itu, beberapa petugas gabungan mulai dari Dishub, Satpol PP dan kepolisian berjaga di titik-titik CFD. Setiap kendaraan yang hendak melintas, mereka mengimbau agar pengendara memutar balik atau mematikan mesin kendaraan dan menuntunnya.

"Ini kalau nggak mau dituntun, puter balik aja," ujar salah satu petugas.

Di lokasi yang sama, Andi (34) salah satu pekerja sekitar mengatakan mau tak mau dia harus mengikuti peraturan tersebut.

"Ya mau gimana kan udah jadi aturan. Toh nuntunnya juga nggak jauh banget," ucapnya.

Simak Video 'Antusiasme Warga Ikut CFD di Bundaran HI Meski Cuaca Mendung':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/lir)