Polisi Akan Temui Kontraktor, Beri Masukan Usai Atap Tribun Formula E Roboh

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 28 Mei 2022 18:45 WIB
Atap salah satu grandstand atau tribun di Sirkuit Formula E roboh akibat diterjang angin kencang dan hujan. Sejumlah tenda disiapkan mengantisipasi peristiwa serupa terulang.
Foto: (Repro detikcom)
Jakarta -

Sepekan menjelang perlombaan dimulai, atap tribun sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, roboh. Pihak kepolisian akan menemui kontraktor agar peristiwa serupa tak terulang pada hari-H.

"Kita nanti bakal jemput bola untuk memberikan saran dan masukan serta penekanan kepada kontraktor," kata Kapolsek Pademangan Kompol Happy Saputra saat dihubungi, Sabtu (28/5/2022).

Sirkuit Formula E berada di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Atap tribun di sirkuit tersebut roboh pada Jumat (27/5) sekitar pukul 23.00 WIB.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, peristiwa robohnya atap tribun di sirkuit Formula E harus mendapatkan perhatian khusus. Dalam pertemuan dengan pihak kontraktor nanti, polisi bakal menekankan perihal jaminan keamanan dan keselamatan fasilitas.

"Kita akan memberikan penekanan pastinya dan saran-masukan tentunya jangan sampai ini terjadi pada hari-H. Untung terjadinya sekarang. Ternyata ada hal lain yang perlu diantisipasi selain juga sistem manajemen crowd, tapi masalah konstruksi juga," jelas Happy

Selain itu, Harry menyebut pihaknya belum akan melakukan penyelidikan lanjut terkait pelanggaran pidana dari peristiwa tersebut.

"Ini kan masalah kelalaian konstruksi ya. Kalau penyelidikan lebih lanjut, ini tidak lari ke pidana ya. (Korban) nggak ada, lebih ke masalah konstruksi," katanya.

Dugaan Awal Robohnya Atap Tribun

Atap salah satu grandstand atau tribun di sirkuit Formula E, yang terletak di Ancol, Jakarta Utara, roboh akibat diterjang angin kencang dan hujan. Polisi menyebut peristiwa itu diduga akibat adanya masalah konstruksi.

"Kerusakan diakibatkan tiang penyanggah kurang kuat. Itu (keterangan) dari koordinator penanganan sirkuit, ya," ucap Happy.

Dari keterangan awal pihak pengelola sirkuit Formula E menyebut pembangunan atap tribun itu telah selesai. Namun persoalan teknis rekonstruksi membuat atap tribun roboh ketika diterjang hujan.

"Iya, jadi mungkin tiangnya kurang kuat. Mungkin dia didesain, mungkin di negara kita cukup kuat hujannya, jadi tidak cukup kuat penyangganya," ucap Happy.

Panitia sebut tidak ada korban. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: