Ketabahan Ridwan Kamil Saat Terima Informasi Eril Hilang di Sungai Aare Swiss

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 28 Mei 2022 14:34 WIB
Emmeril Kahn, anak Ridwan Kamil
Emmeril Khan Mumtadz (kiri) dan Ridwan Kamil (kanan). (Foto: Instagram @ataliapr/@emmerilkahn)
Jakarta -

Emmeril Khan Mumtadz (23), putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, hilang terbawa arus saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss. Menginjak hari ketiga pencarian, pemuda yang akrab disapa Eril itu belum ditemukan oleh Tim SAR Swiss.

Eril dilaporkan hilang pada Kamis (25/5) sekitar pukul 9.40 pagi waktu Swiss. Pada saat bersamaan, Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam rangka kunjungan kerja.

"Jadi hari pertama saat kejadian Pak Gubernur (Ridwan Kamil) sedang ada di Inggris, baru bisa bergabung dengan keluarga setelah mendapatkan informasi sore hari waktu Indonesia sekitar jam 15.00 WIB, keluarga di Indonesia dikabari, Pak Gubernur sedang bertugas di Inggris dikabari, posisinya masih terpisah," jelas perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, dalam jumpa pers yang disiarkan secara virtual, Sabtu (28/5/2022).

Elpi menjelaskan, posisi keluarga dengan Ridwan Kamil saat itu terpisah. Ridwan Kamil di Inggris, sementara keluarganya di Swiss. Elpi menjelaskan keluarga berada di Swiss dalam rangka mencari kampus untuk Eril, yang akan melanjutkan S2.

"Segera setelah mendapatkan informasi, beliau (Ridwan kamil) menyelesaikan tugasnya dalam lawatan kedinasan dan berangkat ke Swiss untuk bertemu dengan keluarga," kata Elpi.

Ridwan Kamil tiba di Swiss malam hari. Ia disambut Dubes RI untuk Swiss Muliaman Hadad.

"(Ridwan Kamil) tiba malam hari, disambut oleh Pak Dubes dan baru bisa melakukan pencarian dan baru bisa memahami situasi di lokasi di hari kedua," katanya.

Elpi mengatakan pihak keluarga di Bandung, Jawa Barat, terus melakukan komunikasi intensif dengan Ridwan Kamil. Elpi mengatakan Ridwan Kamil tabah dan sabar menghadapi musibah ini.

"Alhamdulillah kami komunikasi intens langsung dengan keluarga, dengan Kedutaan. Beliau sekeluarga sehat, tabah, dan sabar menjalani ujian dan musibah ini," katanya.

Baca di halaman selanjutnya: Ridwan Kamil pantau langsung proses pencarian Eril.

Lihat Video: Awal Mula Eril Hilang hingga Pencarian Masif Dilakukan

[Gambas:Video 20detik]