Hari Pertama Rute Baru KRL, Begini Suasana Stasiun Manggarai

Nahda Rizki Utami - detikNews
Sabtu, 28 Mei 2022 10:27 WIB
Situasi Stasiun Manggarai Sabtu (28/5) pagi
Situasi Stasiun Manggarai, Sabtu (28/5) pagi (Nahda/detikcom)
Jakarta -

KAI Commuter mengubah pola operasi perjalanan KRL di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akibat switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai. Perubahan rute ini berlaku mulai hari ini.

Pantauan detikcom di Stasiun Manggarai, Sabtu (28/5/2022), pukul 09.30 WIB, terlihat Stasiun Manggarai sudah ramai didatangi calon penumpang. Mereka terlihat antre saat scan QR code aplikasi PeduliLindungi.

Dari dalam stasiun, terlihat adanya penumpukan penumpang KRL di peron 12 dan 13. Diketahui peron 12 dan 13 menuju ke arah Bogor/Depok/Nambo. Sejumlah petugas terlihat sedang mengarahkan penumpang menuju peron sesuai tujuan masing-masing.

Lift dan eskalator di Stasiun Manggarai sudah dapat digunakan. Sejumlah pengguna KRL terlihat menggunakan fasilitas tersebut untuk naik menuju peron 10, 11, 12, dan 13.

Salah satu penumpang, Riva (46), mengaku kesulitan karena adanya perubahan rute KRL. Dia bersama anaknya hendak ke Bogor.

"Jadi agak ribet sih ya karena harus transit-transit. Kalau biasanya kan ada yang langsung Angke-Bogor gitu," jelas Riva.

Riva mengatakan sudah mengetahui terkait adanya perubahan rute KRL. Namun dia sempat bingung saat berada di lokasi.

"Sudah. Sudah baca sih dari seminggu yang lalu. Cuma agak bingung saja," ujarnya.

Sementara itu, penumpang lainnya, Heri (40), mengatakan sempat ada penumpukan akibat perubahan rute KRL. Menurutnya, perubahan rute KRL ini juga dinilai tidak praktis.

"Ya ribet ya. Saya juga belum tahu. Kasihan orang kalau bawa barang dari Tanah Abang mesti transit ke Manggarai kalau mau ke Bogor, kan ya," ujarnya.

"Jadinya ini numpuk juga di Manggarai semuanya karena harus transit ya," tambahnya.

Simak juga Video: Naik KRL Kini Sudah Boleh Duduk Tanpa Berjarak

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)