Polisi Ungkap Profesi Zaenab Korban Pembunuhan Sejoli: 'Bank Emok'

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 23:20 WIB
Polisi mengungkap kasus pembunuhan Zaenab di Kemang, Bogor.
Polisi menangkap sejoli tersangka pembunuhan Zaenab di Kemang, Bogor. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Bogor -

Polisi mengungkap profesi Zaenab (52), korban pembunuhan dua sejoli AM (26) dan TO (21), yang mayatnya dibuang di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor. Zaenab diketahui berprofesi sebagai rentenir atau bank emok.

"Jadi profesi korban ini seperti bank emok (bahasa Sunda), meminjam-minjamkan uang," kata Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Emok adalah cara duduk wanita di lantai dengan kaki kedua-duanya dilipat sampai mengenai paha. Istilah bank emok sendiri digunakan untuk memanggil rentenir, karena ketika menagih utang duduk dengan cara emok.

Korban diketahui meminjam Rp 100 juta dari ayah tersangka, wanita berinisial TO. Korban meminjam uang kepada ayahanda TO untuk dipinjam-pinjamkan kembali kepada orang lain.

"Tersangka TO ini memang berupaya menagih utang dari korban kepada ayahnya sebesar Rp 100 juta. Jadi utang itu terkait ayah TO meminjamkan uang investasi untuk dipinjam-pinjamkan (oleh korban) lagi ke orang lain," terangnya.

Hal tersebut semakin diperkuat dengan barang bukti yang dihadirkan dalam konferensi pers polisi. Di antaranya tiga buku catatan tagihan utang milik korban.

Namun, saat ditagih, korban tidak mampu membayar utang tersebut kepada pelaku. Keduanya kemudian membunuh korban pada Kamis (19/5) di Sawangan, Depok.

"Pada saat itu, di hari Kamis (19/5), memang tersangka TO dan AM itu sudah merencanakan untuk menagih dan, jika memang tidak bisa ditagih, akan menghilangkan nyawa korban," tuturnya.

Jasad korban kemudian dibuang di Kemang, Bogor, dan ditemukan warga pada Sabtu (21/5). Kini kedua tersangka ditahan di Polres Bogor.

(mea/mea)