Sekjen PDIP: Teguran Megawati soal Banjir Rob Tak Hanya untuk Ganjar

Dwi Rahmawati - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 19:38 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah kaus merah).
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (berkaus merah). (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan sempat mengingatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo soal potensi banjir rob di Jawa Tengah. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan teguran tersebut untuk seluruh kepala daerah yang diusung PDIP.

"Namanya banjir rob itu, Ibu mengingatkan dalam pidato PBB dalam mitigasi bencana akibat global warming. Akibat kenaikan muka air laut, itu sangat nyata dan akan diikuti oleh kerawanan pangan," ungkap Hasto di Lapangan Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (27/5/2022).

Hasto menyebut peringatan tersebut dilontarkan Megawati kepada seluruh kepala daerah PDI Perjuangan sebagai antisipasi. Maka dari itu, lanjutnya, hampir setiap kegiatan ultah PDI Perjuangan disinggung perihal ekologi.

"Sehingga Ibu Mega mengingatkan seluruh kepala daerah PDIP, wajib menaruh perhatian terhadap dampak global warming tersebut. Maka mengapa kegiatan ultah selalu sarat dengan pesan-pesan untuk ekologi," ungkap Hasto.

Ketika disinggung perihal pesan Megawati terhadap Ganjar, Hasto menekankan dampak perubahan iklim yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya.

"Kita masih ingat bencana ekologi di Flores akibat badai Sitokin tropis yang datang secara tiba-tiba. Di Turki belum lama ini, badai salju satu bulan tiga kali, sesuatu nggak... yang belum pernah terjadi. Ini merupakan ancaman bersama, terutama kenaikan muka air laut. Ketidakpastian iklim yang kemudian muncul bencana baru," kata Hasto.

Teguran Megawati ke Ganjar

Teguran soal banjir rob itu diungkapkan Megawati dalam pertemuan secara virtual dengan Ganjar dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada 5 Agustus 2021. Ketika itu Megawati sedang menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Biden soal Jakarta bakal tenggelam 10 tahun lagi.

"Dengar, Joe Biden ngomong begitu, 10 tahun lagi, batin saya, 'enak banget loh', loh iya dong. Saya langsung ngomong sama Pak Jokowi, itu Presiden Amerika loh, bagus dia bisa ngomong kayak gitu. Karena biasanya orang kita baru dengerin kalau orang asing ngomong," kata Megawati, 5 Agustus 2021.

Setelah itu, barulah Megawati mengungkapkan tegurannya ke Ganjar soal potensi banjir rob menerjang pesisir Jateng. Megawati mewanti-wanti soal Pelabuhan Semarang.

"Tadi sekilas saya lihat ada Pak Ganjar. Jadi kalau masih mendengarkan saya, nah iki (Ganjar merespons Megawati). Itu kan dari awal kamu saya jadikan (calon gubernur), kamu kan sudah pernah to saya omongi. Urusan Pelabuhan Semarang dan sebagainya," ucap Megawati.

Simak Video: Warga Terdampak Banjir Rob Semarang Keluhkan Gatal-Mual

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)