Viral Gajah Hamil Ditemukan Mati di Bengkalis, Polisi Duga Diracun

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 16:32 WIB
Gajah Sumatera ditemukan mati di Bengkalis, Riau.
Gajah Sumatera ditemukan mati di Bengkalis, Riau. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Seekor gajah hamil ditemukan mati di Bengkalis, Riau. Polisi pun turun tangan mengusut penyebab kematian gajah tersebut. Dugaan awal, gajah itu mati karena diracun.

"Kami sedang dalami soal dugaan diracun itu. Ada dugaan gajah mati diracun," tegas Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijadmiko, dilansir detikSumut, Jumat (27/5/2022).

Tim kepolisian kini menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dari sampel yang diambil tim Balai BKSDA Riau. Jika gajah terbukti diracun, dia memastikan akan mengusut pelaku sampai tuntas.

"Kami tunggu hasil laboratorium. Kalau ini benar diracun, kami kejar sampai tuntas si pelaku. Kita sangat prihatin melihat kasus ini. Bukan hanya induk saja, tapi bayi yang sudah mau lahir juga mati," kata Indra.

Terkait insiden tersebut, Indra minta masyarakat tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. Apalagi gajah adalah habitat asli Sumatera yang dilindungi oleh undang-undang.

Diketahui, seekor gajah ditemukan mati di dalam kawasan konsesi akasia PT Arara Abadi, Bengkalis. Gajah betina mati dengan kondisi memprihatinkan dengan mulut mengeluarkan darah.

Simak selengkapnya di sini.

(yld/dhn)