Tentang Yellow Notice Polri ke Polisi Swiss untuk Cari Anak Ridwan Kamil

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 13:35 WIB
Ridwan Kamil Cari Mantu Buat Emmeril yang Olahraganya Kekinian Banget!
Ridwan Kamill dan Eril (Foto: Instagram)
Jakarta - Polri akan mengirimkan yellow notice untuk mencari anak pertama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, yang hilang di Sungai Aare, Swiss. Apa itu yellow notice?

Dikutip dari situs resmi Interpol, Jumat (27/5/2022), yellow notice merupakan permintaan untuk membantu mencari orang hilang. Contohnya, mencari korban penculikan atau hilang yang tidak bisa dijelaskan.

"Yellow notice adalah peringatan polisi global untuk orang hilang. Ini diterbitkan untuk korban penculikan orang tua, penculikan kriminal (penculikan) atau penghilangan yang tidak dapat dijelaskan," tulis Interpol.

Yellow notice juga bisa diajukan untuk meminta bantuan mengidentifikasi seseorang yang tidak tahu siapa dirinya.

"Yellow notice juga dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi seseorang yang tidak dapat mengidentifikasi dirinya sendiri," katanya.

Interpol juga menyebut yellow notice dianggap sebagai alat penegakan hukum yang cukup penting. Upaya ini digunakan khusus untuk orang yang berada di luar negeri.

"Ini adalah alat penegakan hukum yang berharga yang dapat meningkatkan kemungkinan orang hilang ditemukan, terutama jika ada kemungkinan orang tersebut bepergian atau dibawa ke luar negeri," katanya.

Sebelumnya, anak pertama Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril, menghilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss. Polri turun tangan melakukan kerja sama dengan Kepolisian Swiss soal perkembangan pencarian Eril.

"Secara informal kita menanyakan melalui jalur P to P (police to police) ke pihak Swiss perkembangan penanganan hal tersebut," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (27/5).

Dedi mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Polda Jabar untuk meminta yellow notice dikeluarkan. Nantinya, yellow notice akan dikirimkan ke Interpol Swiss dan yang lainnya.

"Identitas korban sedang kita mintakan via Polda Jabar, untuk kita mintakan yellow notice (pencarian orang) ke Interpol Swiss dan seluruh anggota Interpol lainnya," katanya.

"Itu langkah-langkah yang diambil oleh Hubinter Sekretariat NCB," imbuhnya.

Simak video 'Penjelasan Dubes RI Soal Hilangnya Anak Ridwan Kamil di Swiss':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/haf)