Alissa Wahid Kenang Buya Syafii Maarif: Beliau Sangat Dihormati Gus Dur

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 11:00 WIB
Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii, (5/6/2019).
Buya Syafii Maarif (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, meninggal dunia. Putri Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Alissa Wahid, menyampaikan dukacita.

Alissa mengenang Buya Syafii Maarif sebagai orang yang rela berkorban bagi nusa dan bangsa.

"Saya bersaksi, Buya orang yang berhati bersih, bernurani jernih, segalanya dilakukan untuk umat dan bangsa. Ya Allah, bangsa ini sungguh kehilangan mutiaranya. Ya Allah," ucap Alissa melalui akun Twitternya, @AlissaWahid, Jumat (27/5/2022).

Buya Syafii Maarif diberitakan wafat pada hari ini pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Buya Syafii Maarif wafat di usia 87 tahun.

Alissa mengaku kerap mengadu kepada Buya Syafii untuk meminta petuah. Alissa juga mengenang Buya Syafii Maarif yang juga dekat dengan Gus Dur.

"Setiap kali saya sudah merasa mentok tembok menghadapi kondisi bangsa, saya berlabuh mohon petuah Buya Maarif," ucapnya.

"Buya adalah tokoh yang sangat dihormati #GusDur. Dan Buya pernah mengatakan hubungan beliau berdua membantu Buya lebih luwes melihat soal bangsa & agama," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, PP Muhammadiyah menyampaikan kabar duka atas wafatnya Buya Syafii Maarif. Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, memohon doa untuk Buya Syafii Maarif.

"Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do'a dari semuanya. Pemakaman dll informasinya menyusul," ungkap Haedar Nashir melalui akun Twitternya, @HaedarNs.

Inalillahi, Mantan Ketum PP Muhammadiyah Syafii Maarif Wafat:

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/dhn)