Regional Update

Gajah Hamil Mati-Muncul Usulan Raperda Janda di Banyuwangi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 07:31 WIB
Seekor gajah betina berusia 25 tahun ditemukan mati di dalam kawasan konsesi PT Riau Abadi di Bengkalis, Riau. Gajah itu mati dalam kondisi hamil dan bakal segera melahirkan.
Foto: Dok. Polsek Pinggir dan Balai Besar KSDA Riau
Jakarta -

Beragam peristiwa menarik di berbagai daerah menjadi perhatian nasional pada Kamis, 26 Mei 2022, sore hingga malam. Mulai dari peristiwa matinya gajah yang tengah hamil di Bengkalis, mencuatnya usulan raperda janda di Banyuwangi, hingga Presiden Jokowi saat ditanya tentang kinerja Gibran Rakabuming Raka. Selengkapnya simak di rangkuman berita enam regional berikut ini.

Gajah Mati Saat Hamil di Bengkalis

Seekor gajah liar ditemukan mati di kawasan konsesi akasia PT Arara Abadi Bengkalis, Riau. Gajah tersebut dalam kondisi memprihatinkan. Mulutnya berdarah. Dan BKSDA Riau kemudian mengungkapkan bahwa gajah juga dalam kondisi hamil.

BKSDA Riau menurunkan tim ke lokasi penemuan bangkai gajah tersebut dan melakukan nekropsi untuk mengetahui penyebab kematian. Diperkirakan gajah yang berusia 25 tahun. "Saat dilakukan nekropsi, diketahui bahwa gajah dalam kondisi mengandung dan akan segera melahirkan anaknya," jelas Plt Kepala BKSDA Riau Fifin Jogasara kepada detikSumut.

BKSDA belum bisa menyimpulkan penyebab kematian gajah tersebut. Namun, setelah diperiksa, selain bagian mulutnya, bagian anus gajah juga berdarah. Baca di sini untuk berita selengkapnya.

Bocah Hilang di Sungai Ditemukan Tewas

Berita duka juga datang dari Sulawesi Selatan. Dihimpun detikSulsel, seorang bocah berusia 7 tahun di Kabupaten Luwu Timur (Lutim) Sulawesi Selatan ditemukan tewas. Sebelumnya ia dilaporkan hilang terseret arus usai mandi di sungai Malili.

"Iya, sudah ditemukan (dalam kondisi meninggal dunia)," terang Danpos SAR Luwu Timur Bohari. Bohari mengungkapkan, korban berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan dalam kondisi terapung di salah satu anak Sungai Malili pada Kamis. Korban masih berpakaian lengkap saat ditemukan.

Dengan ditemukannya korban, operasi SAR terhadap satu orang yang tenggelam di Sungai Malili dinyatakan selesai dan ditutup. Baca di sini untuk berita selengkapnya.

Selanjutnya, baca juga tentang jawaban Presiden Jokowi saat ditanya tentang kinerja Gibran Rakabuming Raka sebagai wali kota Solo. Lihat halaman selanjutnya.