FEO soal Formula E di Jakarta: Sangat Panas dan Lembab

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 23:11 WIB
Unboxing Replika Mobil Formula E.
Formula E (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Head of Technical Operation at Formula E Operation Barry Mortimer mengungkapkan tantangan dalam mempersiapkan Formula E Jakarta. Barry menyebut salah satu kendalanya adalah cuaca.

"Bedanya yang paling jelas adalah cuacanya. Its very hot. Sangat hangat dan lembab. Kami harus berhati-hati karena tidak semuanya bisa tahan dengan panas ini," katanya kepada wartawan di Jakarta International Velodrome, Kamis (26/5/2022).

Menurutnya, Indonesia merupakan negara yang memiliki cuaca panas yang pernah dia datangi. Dia menyebut banyak hal yang perlu dipastikan dalam persiapan mobil balap Formula E.

"Ini adalah negara terpanas yang pernah kami datangi sejauh ini. Kami harus melakukan sejumlah tes, memastikan semua di bawah kontrol, baterainya bisa bekerja di temperatur ini," katanya.

Barry mengaku kagum dengan sirkuit Formula E Jakarta. Menurutnya, dengan waktu pengerjaan yang pendek dapat membuat sirkuit yang luar biasa.

"Ku pikir sikruit ini fantastic. Karena kami hanya punya waktu pendek untuk menyiapkan segalanya, kami tidak punya banyak waktu untuk membangun sirkuit ini. Jadi ini luar biasa, aku tidak sabar untuk menunggu balapan di sirkuit itu," katanya.

Lebih lanjut, Barry mengatakan nantinya para pembalap akan melakukan simulasi terlebih dahulu. Hal itu dilakukan agar mereka terbiasa dengan sirkuit yang ada.

"Mereka akan menerima peta trek beberapa minggu sebelum mereka tiba. Jadi pembalap akan melakukan simulasi di simulator, mereka akan berkendara di sirkuit itu menggunakan simulator supaya terbiasa," katanya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: