Jokowi Harap Aktivitas Seni Budaya Bangkit Usai 2 Tahun Vakum Imbas Pandemi

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 15:29 WIB
Jokowi blusukan ke Taman Balekambang Surakarta, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta
Jokowi blusukan ke Taman Balekambang Surakarta, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta (Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan kegiatan seni dan budaya bangkit lagi setelah dua tahun terhenti karena pandemi. Jokowi menyebut aktivitas itu diperlukan untuk terus memelihara budaya RI.

Hal itu disampaikan Jokowi setelah bertemu dan memberikan bantuan untuk pekerja seni di Taman Balekambang Surakarta, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, seperti dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (26/5/2022).

"Sudah dua tahun ini vakum, tidak ada kegiatan, dan saya harapkan, setelah pandemi bisa kita kendalikan. Kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita," kata Jokowi.

Jokowi ingin menginginkan Taman Balekambang yang telah direvitalisasi ini dapat menjadi pusat kebudayaan. Dia berharap program itu dapat memberi dampak bagi kehidupan seni budaya setempat.

"Akan memberikan dampak yang baik terhadap seni budaya kita dan utamanya juga bisa menunjukkan bahwa seni tradisi itu tetap hidup sampai kapan pun," ujarnya.

Jokowi juga mendorong revitalisasi fasilitas seni budaya di tempat lain. Dia memastikan pemerintah akan mendorong semua yang berkaitan dengan seni dan budaya.

"Semua yang berkaitan dengan kebudayaan, seni budaya, pemerintah pusat akan mendorong, di mana pun," ujarnya.

Jokowi blusukan di wilayah Solo setelah menjadi wali nikah sang adik Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman. Sejumlah pejabat mendampingi Jokowi blusukan, di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

(eva/knv)