Adik Jokowi Menikah dengan Ketua MK, Ini Sederet Momennya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 12:18 WIB
Adik Jokowi menikah dengan Ketua MK, Anwar Usman. Idayati, adik kandung perempuan Joko Widodo itu melangsungkan pernikahan hari ini, Kamis (26/5/2022) di Solo.
Adik Jokowi menikah dengan Ketua MK, Ini Fakta-faktanya (Foto: Tangkapan Layar Youtube Wedding Organizer Pengantin Production Yogyakarta)
Jakarta -

Adik Jokowi menikah dengan Ketua MK Anwar Usman. Idayati, adik kandung Presiden Joko Widodo (Jokowi), melangsungkan pernikahan hari ini di Solo.

Pernikahan dihadiri langsung oleh Jokowi beserta Ibu Negara Iriana dan sejumlah tamu undangan pejabat. Simak momen-momennya terkait pernikahan adik Jokowi.

Adik Jokowi Menikah: Akad Nikah di Solo

Idayati dan Anwar Usman telah sah menjadi pasangan suami istri. Akad nikah keduanya dilaksanakan pada hari ini, Kamis (26/5/2022) di Graha Saba Buana, Solo.

Presiden Jokowi secara langsung menikahkan adiknya sendiri. Berdasarkan tayangan video yang beredar, Idayati dan Anwar Usman terlihat memakai baju pengantin Jawa dengan warna yang serasi.

Selesai Akad, Idayati dan Anwar Usman Terima KTP-KK

Dilansir dari detikJateng, kedua mempelai pengantin langsung menerima kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). Dokumen kependudukan tersebut diserahkan langsung oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrullah.

"Disilakan kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri Bapak Prof Dr Zudan Arif Fakhrullah menyerahkan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga untuk kedua mempelai," demikian kata pembawa acara, Kamis (26/5/2022).

Seusai akad nikah, Idayati dan Anwar Usman menerima buku nikah yang diserahkan oleh Kepala KUA Banjarsari, Kota Solo, Arba'in Basyar.

Khotbah Nikah untuk Idayati dan Anwar Usman

Sebelum prosesi ijab kabul, Prof Dr Nasaruddin Umar menyampaikan khotbah nikah. Dalam khotbah tersebut, Umar menyampaikan hal ihwal pernikahan.

"Perkawinan adalah mempertemukan yang berbeda, seperti Allah mempertemukan nama-nama yang utuh. Perkawinan melahirkan kebahagiaan, tapi kebahagiaan ada dua, yakni Kebahagiaan yang merupakan given (pemberian) dari Atas dan kebahagiaan yang tercipta oleh social creation (kreasi sosial) kita sendiri," ucap Umar.

Umar juga menerangkan pernikahan harus menghadirkan pasangan yang bisa saling pengertian. Dia kemudian mengambil contoh dari kisah Raja Firaun dan istrinya, yang dinilai sebagai seorang wanita yang salihah.

"Pernikahan itu saling pengertian. Firaun, dia sangat hebat, tetapi dia punya istri yang berhadapan dengan dirinya," paparnya.

Cerita Pertemuan Idayati dengan Anwar Usman

Anwar Usman menceritakan tentang pertemuannya dengan Idayati. Anwar mengaku tertarik pada Idayati dalam perihal agama.

"Rupanya dia (Idayati) sudah berangkat haji lebih dulu daripada saya," kata Anwar yang dikutip detikcom, Kamis (26/5/2022).

Anwar juga mengaku senang saat berkunjung ke rumah Idayati. Alasannya, rumah adik Jokowi itu kerap dijadikan sebagai tempat untuk mengaji.

"Rumahnya juga sebagai tempat mengaji, itu jadi kebanggaan saya," ucap Anwar.

Anwar menambahkan mereka dipertemukan oleh Allah. Dia menyebutkan pernikahannya dengan Idayati juga tidak ada kaitannya dengan politik.

"Allah (yang mempertemukan)," tutu Anwar.

"Nggak ada (kaitannya dengan politik). Tiga hal ya, kematian, rezeki, jodoh, (itu) hak Allah. Kalau kita mengingkari itu, nauzubillah, nanti kita mengingkari Allah," imbuhnya.

Mahar Jam Tangan dalam Pernikahan Adik Jokowi

Anwar Usman memberikan mahar atau maskawin seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Arba'in Basyar.

"Untuk maskawinnya insyaallah seperangkat alat salat. Itu dan sebuah jam tangan," kata Basyar, yang dikutip dari detikJateng, Kamis (26/5/2022).

Basyar sendiri tidak mengetahui secara pasti merek jam tangan yang menjadi mahar pernikahan Idayati dan Anwar Usman.

"Mereknya nggak tahu, tulisannya seperti itu. Mahar dan maskawin itu sama," ucapnya.

Adik Jokowi menikah hari ini dengan Anwar Usman, Ketua MK RI. Simak sosok Anwar Usman di halaman selanjutnya.

Simak Video: Busana Akad Nikah Ketua MK Anwar Usman-Idayati yang Simpel dan Elegan

[Gambas:Video 20detik]