Cerita Perkenalan Ketua MK dan Adik Jokowi hingga Akan Menikah Hari Ini

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 26 Mei 2022 08:53 WIB
Adik Jokowi Idayati dan Ketua MK Anwar Usman mengikuti gladi resik pernikahan di gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (25/5/2022).
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng
Solo -

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman akan menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati, hari ini. Keduanya menggelar pernikahan di Graha Saba Buana, Solo. Ini cerita perkenalan keduanya.

Anwar Usman bercerita tentang dirinya yang terpikat pada ketaatan Idayati terhadap urusan agama. Sebab, Idayati disebut Anwar sudah lebih dulu berhaji daripada dirinya.

"Rupanya dia (Idayati) sudah berangkat haji lebih dulu daripada saya," kata Anwar saat menghadiri acara halal bihalal Keluarga Bima-Dompu di Solo, Minggu (22/5/2022).

Anwar juga mengaku senang kala berkunjung ke rumah Idayati. Pasalnya, rumah adik Jokowi itu kerap dijadikan sebagai tempat untuk mengaji.

"Rumahnya juga sebagai tempat mengaji, itu jadi kebanggaan saya," kata Anwar.

Lantas siapa yang mempertemukan keduanya?

"Allah (yang mempertemukan)," ujar Anwar setelah menghadiri acara halal bihalal Keluarga Bima-Dompu di Solo, Minggu (22/5/2022).

Anwar menampik bahwa pernikahannya dengan Idayati dikait-kaitkan dengan politik.

"Nggak ada (kaitannya dengan politik). Tiga hal ya, kematian, rezeki, jodoh, (itu) hak Allah. Kalau kita mengingkari itu, nauzubillah, nanti kita mengingkari Allah," ujarnya.

Dan menyebut mengingkari Allah sama dengan mau melawan Allah.

"Saya nggak berani juga. Kalau Allah sudah menentukan putri Solo Mbak Ida, saya mau bilang apa? Tidak berani saya," katanya.

"Kalau Allah sudah mengatakan itu (menikah dengan Ida), melawan saya yang dosa. Saya nggak berani melawan Allah, saya dikenalkan oleh Allah," imbuhnya.

Jelang Pernikahan

Pantauan detikJateng di lokasi, buka-tutup ruas jalan ke arah lokasi resepsi mulai terlihat sejak pukul 07.30 WIB, Kamis (26/5/2022). Kendaraan dari selatan yang bukan tamu undangan atau warga sekitar tidak boleh melintas.

Personel Satlantas Polresta Solo dan TNI berjaga di ujung jalan, membuka dan menutup barikade. Saat mobil tamu datang, barikade dibuka dan setelah melintas langsung ditutup.

Pada pukul 07.45 WIB, sejumlah tamu mulai terlihat berdatangan ke lokasi. Tidak tampak jelas siapa saja tamu undangan yang hadir. Sebab, lokasi penurunan tamu dari kendaraannya cukup jauh jaraknya dari area liputan awak media.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, tiba sekitar pukul 08.00 WIB. Ngabalin disusul Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Mensesneg Pratikno, dan sejumlah menteri. Rombongan saksi maupun mempelai belum terlihat hadir.

Simak Video: Adik Presiden Jokowi dan Ketua MK Anwar Usman Menikah Hari Ini

[Gambas:Video 20detik]



(isa/gbr)