Karyawan Pupuk Kaltim Tanam 1.500 Bibit Mangrove di Perairan Bontang

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 17:53 WIB
Karyawan Pupuk Kaltim menanam bibit mangrove di Bontang.
Foto: dok. Pupuk Kaltim
Jakarta -

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menggelar Employee Volunteering Program berupa kegiatan penanaman 1.500 bibit mangrove di perairan Bontang, Kalimantan Timur. Kegiatan berlangsung di area konservasi mangrove Telok Bangko, Kelurahan Loktuan Bontang Utara pada Minggu (22/5).

SVP SDM PKT Endang Murtiningsih mengungkapkan kegiatan yang melibatkan karyawan ini untuk mendukung pelestarian ekosistem Perairan Bontang sekaligus memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia 2022.

Endang menjelaskan Employee Volunteering Program merupakan wadah bagi seluruh karyawan Pupuk Kaltim terlibat langsung dalam berbagai kegiatan sosial. Karyawan diajak untuk lebih peduli terhadap sekitar, baik masyarakat maupun lingkungan dan ekosistem.

Para karyawan tak hanya terlibat sebagai relawan pelaksana, namun turut ambil bagian menjadi perencana program hingga evaluasi dan pengembangan ke depannya. Terlebih, Telok Bangko merupakan area konservasi mangrove yang dikembangkan PKT sebagai kawasan wisata edukasi, dengan luasan mencapai 40 hektare dan telah ditanami 161 ribu lebih bibit mangrove hingga tahun 2021.

"Terdapat 50 karyawan perwakilan seluruh unit kerja PKT yang terlibat untuk penanaman mangrove, yang ke depan turut berperan untuk pengembangan program secara berkesinambungan," ujar Endang dalam keterangan tertulis, Rabu (25/5/2022).

Ia mengatakan lewat program ini jejaring antar departemen dan unit kerja di lingkungan PKT dapat terus diperkuat. Salah satunya, melalui kolaborasi aktif karyawan dengan turun langsung menumbuhkan kepekaan serta kepedulian terhadap lingkungan maupun kondisi sosial yang terjadi.

Selain itu, ia pun berharap berbagai program yang digagas PKT bagi masyarakat maupun lingkungan ke depannya tak hanya menjadi tanggung jawab unit kerja tertentu saja. Tapi juga didukung seluruh karyawan perusahaan.

Lebih lanjut, Endang mengatakan pada penanaman mangrove kali ini, karyawan PKT tak hanya sekadar melaksanakan aksi bersih mangrove hingga penanaman dan penyulaman. Sebab, kegiatan ini juga menjadi bentuk dukungan nyata para karyawan terhadap program pelestarian ekosistem mangrove yang terus diperluas PKT di perairan Bontang.

"Sasaran utama program ini agar karyawan PKT dapat semakin peka dan peduli terhadap lingkungan, maupun kondisi sosial di sekitar perusahaan dengan terlibat aktif di dalamnya," tambah Endang.

Sementara itu, Lurah Loktuan Hadi Jumianto menilai kegiatan ini sejalan dengan upaya Pemkot Bontang untuk pelestarian kawasan dan lingkungan pesisir. Mengingat, berbagai program yang selama ini direalisasikan PKT jelas berdampak terhadap perbaikan ekosistem perairan maupun keanekaragaman hayati di Kota Bontang.

"Habitat mangrove perlu dijaga secara berkesinambungan, mengingat manfaatnya bagi perairan dan lingkungan. Apalagi wilayah Bontang sebagian besar merupakan kawasan pesisir," kata Hadi.

Hadi berharap program ini dapat terus ditingkatkan, mengingat area konservasi mangrove PKT turut memberi dampak positif bagi masyarakat melalui pemberdayaan pembibitan serta penanaman ratusan ribu mangrove yang selama ini telah direalisasikan.

"Semoga program berbasis pelestarian lingkungan dan pesisir terus ditingkatkan PKT, sebagai wujud kontribusi perusahaan bagi masyarakat yang diikuti pemberdayaan di berbagai bidang," pungkasnya.

(prf/ega)