Pemprov DKI Ungkap Alasan Perluas Ganjil Genap Jadi 25 Titik

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 17:21 WIB
Ganjil genap kembali berlaku seiring meningkatnya kasus COVID-19 di Jakarta. Ada 13 titik lokasi aturan ganjil genap yang diberlakukan saat Jakarta PPKM level 3
Ilustrasi ganjil genap (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta memperluas penerapan ganjil genap (gage) menjadi 25 titik. Salah satu yang menjadi pertimbangan ialah peningkatan volume lalu lintas di 13 ruas jalan.

"Tentu begitu di beberapa ruas jalan yang saat ini tidak diterapkan ganjil genap terjadi peningkatan volume, itu menimbulkan beberapa ruas jalan alternatif di pusat kota menjadi padat," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).


Syafrin mengatakan peningkatan volume lalu lintas memang terlihat setelah libur Lebaran. Dia meyakini perluasan ganjil genap efektif mengurangi kepadatan lalu lintas di ruas jalan saat jam sibuk.

"Jadi, dengan diterapkan 25 ruas jalan, kinerja lalu lintas pada ruas jalan sibuk itu akan kembali turun. Kita harapkan produktivitas masyarakat kembali naik," ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memutuskan memperluas ganjil genap menjadi 25 titik ruas jalan. Ganjil genap di 25 titik ini bakal diterapkan mulai 6 Juni 2022.

"Mulai 6 Juni untuk pemberlakuan ganjil genap itu mulai berlaku di 25 ruas jalan sebagaimana diatur dalam Pergub Nomor 88 Tahun 2019," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Hal ini diputuskan setelah Dinas Perhubungan DKI Jakarta menggelar rapat koordinasi bersama Ditlantas Polda Metro Jaya serta stakeholder terkait lainnya. Syafrin mengatakan pihaknya bakal melakukan sosialisasi penerapan ganjil genap selama beberapa hari ke depan.

"Untuk bisa reaktivasi 25 ruas jalan ada beberapa prasyarat yang harus dilakukan. Pertama, mulai hari ini kami akan melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, akan dilakukan sampai tanggal 5 Juni," ujarnya.

Syafrin menjelaskan 25 titik ganjil genap sesuai yang tercantum dalam Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2019. Daftar jalan yang bakal menjadi lokasi ganjil genap dapat disimak di halaman selanjutnya.

Simak Video: Gage DKI Berlaku Lagi, Sejumlah Kendaraan Kena Tilang di Fatmawati

[Gambas:Video 20detik]