Asrama Haji Bekasi Bersiap Sambut 17.566 Calon Jemaah Asal Jabar

Fakhri - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 15:22 WIB
Humas Asrama Haji Embarkasi Bekasi Fitsa Baharuddin (Fakhri-detikcom)
Pejabat Humas Asrama Haji Embarkasi Bekasi Fitsa Baharuddin (Fakhri/detikcom)
Bekasi -

Asrama Haji Bekasi bersiap menyambut calon jemaah haji asal Jawa Barat (Jabar). Ada 17.566 calon jemaah haji yang akan masuk ke Asrama Haji Bekasi sebelum berangkat ke Arab Saudi.

"Kita itu nanti akan melayani 17.566 jemaah dari Jawa Barat dan ditambah 176 petugas kloter, kemudian 113 petugas haji daerah, kemudian nanti akan diberangkatkan melalui 44 kloter menggunakan penerbangan Saudi Arabia dengan kapasitas 410 Boeing 777-300," ucap pejabat Humas Asrama Haji Embarkasi Bekasi Fitsa Baharuddin di Asrama Haji, Rabu (25/5/2022).

Fitsa mengatakan pihaknya mulai membenahi fasilitas di asrama haji sejak awal 2022. Menurutnya, asrama tersebut sudah mulai digunakan tahun ini saat persiapan umrah.

"Yang jelas kita sudah persiapkan sejak awal 2022 ini ya. Memang kemarin kan kita juga sebetulnya sudah mempersiapkan untuk umrah, jadi persiapan perawatan rutin sudah dipersiapkan semuanya. Minggu-minggu ini kita lagi memeriksa mana-mana yang harus kita perbaiki," ucapnya.

Fitsa mengatakan calon jemaah haji akan datang pada 3 Juni dan pemberangkatan terakhir pada 2 Juli. Pihak Asrama Haji juga menyiapkan gedung untuk karantina calon jemaah haji yang terpapar Corona.

"Gedung Mina C itu daya tampungnya ada 32 kamar, kapasitasnya lima orang, ada empat lantai, jadi kapasitasnya 160 jemaah di situ. Fasilitasnya ada AC, kamar mandi, handuk. Itu untuk diperuntukkan sebagai gedung karantina bagi jemaah atau petugas yang terpapar, tapi jadi itu khusus untuk antisipasi kalau ada yang terdeteksi," tuturnya.

Jumlah Calon Jemaah Haji Asal Bekasi

Kantor Kemenag Kota Bekasi menyebut ada 2.738 calon jemaah haji asal Bekasi yang akan berangkat tahun ini. Jumlah ini menurun jika dibanding jumlah calon haji saat masa normal.

"Untuk Kota Bekasi kalau normal itu 2.738, tapi dengan keadaan saat ini dibatasi semuanya baik kuota maupun usia, maka untuk kota Bekasi hanya mendapatkan kuota 1.258," ujar Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Bekasi, Sri Siagawati.

Dari 1.258 orang yang akan berangkat, ada 1.198 orang telah yang melunasi persyaratan haji. Sementara itu, 60 orang yang tertunda akan digantikan dengan calon jemaah cadangan, yang berjumlah 252 orang.

"Alhamdulillah, dari 1.258 ketetapan kuota, kita bisa jemaah itu melunasi sekitar kurang lebih 1.198. Jadi yang tunda, tidak melunasi maksudnya, tidak konfirmasi pelunasan, kurang lebih 60 dari kuota yang normal," ucapnya.

(haf/haf)