Yeremia Rambitan Berucap Tak Pantas, Komisi X DPR: Atlet Jaga Sikap!

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 13:20 WIB
Pebulutangkis Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan berlatih dalam Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta, Selasa (19/4/2022). PBSI menargetkan tim bulu tangkis Indonesia meraih tiga medali emas dalam SEA Games Vietnam pada Mei mendatang. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Yeremia Rambitan (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menanggapi pebulutangkis Indonesia Yeremia Rambitan yang viral di media sosial akibat ucapan tak pantas yang ia lontarkan. Syaiful meminta ke depan para atlet bisa lebih berhati-hati dalam berucap dan menjaga sikap.

"Ya kita meminta supaya semua figur publik, tanpa terkecuali para atlet kita yang sedang meniti prestasi di cabang olahraganya masing-masing saya kira harus lebih berhati-hati dan menjaga sikap ya, agar jaga sikap," kata Syaiful saat dihubungi, Rabu (25/5/2022).

Meski begitu, dia mengapresiasi sikap pelatih Yeremia Rambitan yang langsung menyampaikan permintaan maaf atas nama atletnya. Dia meyakini pelatih yang bersangkutan memperhatikan persoalan ini agar tidak terulang ke depannya.

"Iya saya kira inisiatif pelatih meminta maaf secara terbuka di publik, patut kita hargai, dan itu bagian dari tanggung jawab beliau sebagai pembina atlet ya. Kita apresiasi, ke depannya pasti saya kira akan teratensi apa yang menjadi permohonan maaf dan apa yang akan beliau perbuat supaya preseden ini tidak terulang kembali bagi seluruh pemain yang dilatihnya," ucapnya.

Jubir DPP PKB Syaiful Huda.Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda (Foto: Dok. PKB)

Lebih lanjut, Syaiful juga meminta masyarakat berbesar hati memaafkan Yeremia Rambitan. Dia meyakini Yeremia pasti tidak bermaksud menyampaikan hal tersebut ke publik.

"Terus saya minta juga publik Indonesia tidak usah berikan semacam punishment karena ini pasti dalam suasana gurau dan tidak disengaja. Ketidaksengajaan itu, menurut saya, semua orang pernah berbuat salah dan tidak sengaja, di luar kontrol. Karena itu kita maafkan dan kita anggap sebagai sebuah preseden yang tidak disengaja, kalau disengaja tidak mungkin saya kira," ujar dia.

Simak selengkapnya ucapan tak pantas Yeremia Rambitan di halaman berikutnya.

Simak Video: Ucapan Tak Pantas Yeremia Rambitan Viral dan Berujung Teguran

[Gambas:Video 20detik]