Wagub soal Pj Gubernur DKI: Kami Dukung Pilihan Presiden

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 11:00 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021).
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendukung siapa pun yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Pj Gubernur DKI. Riza memandang penunjukan pengganti Anies Baswedan merupakan kewenangan pemerintah pusat.

"Jadi kami dari Pemprov DKI akan mendukung tentu siapa nanti yang ditunjuk Bapak Presiden sebagai penjabat gubernur," kata Riza Patria kepada wartawan, Rabu (24/5/2022).

Riza menilai nama-nama yang masuk bursa Pj Gubernur memiliki kompetensi serta kapasitas memadai, khususnya dalam memimpin Jakarta selama 2 tahun ke depan.

"Nama yang beredar tentu memiliki kompetensi dan kapasitas," ujarnya.

Meski begitu, dia berujar masih terlalu dini mempersoalkan sosok Pj Gubernur DKI. Untuk saat ini, pihaknya bakal berupaya menuntaskan program-program kerja yang belum terselesaikan.

"Tapi kita tentu masih menunggu, masih lama kan, masih Oktober, bersabar yang penting sekarang kita dukung program-program Pemprov DKI sisa waktu periode 2017-2022 sampai 16 Oktober, mari kita berkolaborasi menuntaskan program-program Pemprov Jakarta," sambungnya.

Riza juga berpesan siapa pun yang ditunjuk sebagai PJ Gubernur DKI bisa melanjutkan pembangunan Kota Jakarta lebih baik lagi.

"Kemudian nanti siapa pun yang ditunjuk Bapak Presiden mari bersama-sama kita dukung, kita bantu untuk melanjutkan pembangunan Kota Jakarta yang baik," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berakhir pada Oktober 2022. Beredar tiga nama bakal calon yang akan menggantikan Anies mendatang.

"Kalau melihat dari tiga nama yang diusulkan, semuanya bagus. Pak Heru Budi bagus, pernah jadi eksekutif Ibu Kota, tentu paham dengan psikologi Jakarta. Pak Marullah bagus, Sekda kita saat ini. Begitupun dengan Pak Juri Ardiantoro, bagus, banyak pengalaman dalam memimpin," ujar Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani dalam keterangannya, Jumat (13/5).

Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.