Bermodal Safety Glass Breaker, Maling 'Pecah Kaca' di Tangsel Ditangkap

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 10:22 WIB
Polisi menangkap maling modus pecah kaca di Serpong,Tangsel
Polisi menangkap maling modus pecah kaca di Serpong,Tangsel. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta - Mobil Yaris milik pria bernama Mahardi (51) dibobol maling saat diparkir di depan showroom di kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan. Para pelaku memecahkan kaca mobil dan mencuri ATM hingga sejumlah dokumen pribadi milik korban.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan peristiwa pencurian pecah kaca terjadi pada Sabtu (14/5) di daerah Puspitek, Tangerang Selatan. Satu pelaku ditangkap polisi.

"Di dalam mobil tersimpan satu buah tas berisi berbagai benda-benda berharga baik itu kartu ATM, buku tabungan bank swasta, identitas lain," kata Zulpan di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Korban lalu melaporkan peristiwa itu ke pihak kepolisian. Tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan AKBP Handik Zusen dan AKBP Awaludin Amin melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku berinisial DS (35) pada Jumat (21/5).

"Perannya eksekutor menggunakan satu buah alat pemecah kaca dan satu buah senter mini yang sudah disiapkan," jelas Zulpan.

DS tidak beraksi seorang diri. Polisi kini masih mengejar satu pelaku lainnya yang masih jadi buron.

"Ada satu pelaku lainnya inisialnya T yang saat ini masih dikejar sudah ditetapkan sebagai DPO," katanya.

Dari keterangan DS, pelaku mengaku kerap beraksi di parkiran-parkiran tempat perbelanjaan yang dinilai sepi. Dia telah beraksi lebih dari satu kali.

"Hasil pemeriksaan bahwa pelaku sudah pernah lima kali aksi mencuri dengan modus yang sama yaitu pecah kaca kendaraan motor roda empat," ucap Zulpan.

Polisi menyita sejumlah barang bukti dari pelaku, seperti safety glass breaker yang digunakan untuk memecah kaca mobil, senter, dan ponsel.

DS kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara.

Lihat juga video 'Aksi Kakek di Bekasi Gagalkan Maling Motor, Pelaku Dipukul hingga Jatuh':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)