Wawancara Kasetpres Heru Budi Hartono

Cerita di Balik Istana: Kasetpres Heru, Sang Penjaga Tiga 'Tungku'

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 08:30 WIB
Jakarta - Cerita-cerita di balik Istana Kepresidenan selalu menjadi atensi publik. Tak hanya tentang urusan kebijakan, aktivitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik para pejabat hingga kunjungan kerja ke daerah pun tak luput dari perhatian.

Dalam wawancara khusus bersama detikcom, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono berbagi cerita tentang proses penyiapan sederet acara yang dihadiri dan dipimpin Presiden Jokowi. Heru mengawali ceritanya dengan menjelaskan tugas Kasetpres sebagai bagian dari tiga tungku koordinator lapangan acara Presiden.

"Tugas Kepala Sekretariat Presiden adalah membantu memberikan yang terbaik pelayanan kepada Bapak Presiden. Terkait apa? terkait keprotokoleran, terkait koordinasi dengan pengamanan yang bertanggung jawab adalah Paspampres, terkait dengan perjalanan dinas yang menggunakan fasilitas-fasilitas TNI-Polri itu adalah Sekretaris Militer. Nah tiga tungku ini disebutnya korlan, koordinator lapangan," ujar Heru.

Heru menuturkan tugas Sekretariat Presiden adalah menyiapkan segala kebutuhan presiden. Salah satu yang disiapkan Sekretariat Presiden adalah bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

Selain itu, kata Heru, tugas Kasetpres menyiapkan segala urusan kerumahtanggaan di Istana. Untuk diketahui, Istana tak hanya berada di Jakarta, tapi juga di Bogor, Cipanas, Yogyakarta, hingga Bali.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono (dok.Setpres)Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono (dok.Setpres)

"Itu semuanya di bawah Sekretariat Presiden, tentunya mereka-mereka itu kepala Istana yang memang berkoordinasi langsung dengan saya, dengan Sekretariat Presiden," ujar Heru.

Lebih lanjut, Heru juga menceritakan pengalamannya saat Sekretariat Presiden mengantisipasi virus Corona (COVID-19) di awal masa pandemi. Heru mengatakan Istana saat itu terus beradaptasi dengan kondisi terbaru dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kenapa saya harus melakukan membaca pergerakan-pergerakan pada saat itu COVID-19 sedemikian detailnya karena menyangkut Istana, menyangkut kesehatan bapak presiden, menyangkut keberlangsungan bapak presiden menerima pejabat-pejabat, seperti itu," ujar Heru.

Selain itu, Heru berbicara mengenai kegiatan presiden di masa pandemi hingga kunjungan kerja ke sejumlah daerah. Ada juga cerita menarik di balik kunjungan Presiden Jokowi ke UEA dan cerita tentang berkemah di IKN.

Simak selengkapnya cerita di balik Istana dalam wawancara bersama Kasetpres Heru Budi Hartono. (knv/hri)