Babak Baru Protes RI ke Dubes Inggris Soal Bendera LGBT

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 07:02 WIB
Kedubes Inggris untuk RI memposting dukungan atas LGBT
Kedubes Inggris untuk RI memposting dukungan atas LGBT (dok.Instagram @ukinindonesia)
Jakarta -

Polemik berkibarnya bendera pelangi Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di Kantor Kedutaan Besar Inggris di Jakarta masih berlanjut. Babak baru polemik ini sampai ke Pejambon, kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI.

Pengibaran bendera pelangi LGBT di Kedubes Inggris, Kuningan, Jakarta Selatan, dilakukan pada 17 Mei 2022, bertepatan dengan Hari Anti-homofobia. Bendera itu berkibar di samping bendera Inggris. Setelah itu, bendera terpantau sudah diturunkan.

Sejurus kemudian, meluncurlah kecaman-kecaman terhadap pengibaran bendera LGBT di Jakarta. Mayoritas kecaman berasal dari kalangan agama, ada pula pakar hukum internasional yang berkomentar.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI merespons panasnya reaksi di masyarakat atas pengibaran bendera LGBT itu. Kemenlu memutuskan untuk memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins.

"Kementerian Luar Negeri akan meminta klarifikasi kepada Duta Besar Inggris di Jakarta," kata juru bicara Kemlu Teuku Faizasyah kepada detikcom, Sabtu (21/5) lalu.

Lihat juga video 'Buntut Bendera LGBT, PBNU Minta Kedubes Inggris Hormati Adat Istiadat':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, penjadwalan pemanggilan: