Regional Update

Jejak Freemason di Surabaya-WN Bulgaria Dalang Skimming ATM Dibekuk

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 06:56 WIB
Makam di Kompleks Makam Peneleh Surabaya diduga memuat simbol Freemason
Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim
Jakarta -

Beragam peristiwa daerah menarik perhatian pada Selasa, 24 Mei 2022, sore hingga malam. Tak hanya berita-berita kejadian aktual, melainkan juga penelusuran berbau sejarah seperti jejak Freemason yang ditemukan di makam Surabaya. Berita hukum dan kriminal juga masih mendominasi, salah satunya terkait warga Bulgaria dalang skimming ATM yang dibekuk di Batam. Berikut rangkuman berita dari enam regional.

Jejak Freemason di Makam Surabaya

Tim detikJatim menelusuri Kompleks Makam Belanda Peneleh Surabaya dan menemukan 'jejak-jejak' kelompok persaudaraan Freemason. Hal itu terlihat dari petunjuk dan simbol di atas nisan yang memuat keterangan tentang jasad yang bersemayam dalam makam tersebut.

Keberadaan jasad yang dulunya bagian dari kelompok Freemason ini dipastikan oleh pengamat sejarah Kuncarsono Prasetyo. "Akeh, Mas, sing Yahudi karo Freemason (Banyak, Mas, yang Yahudi dan Freemason)," katanya. Yahudi dilambangkan dengan bintang delapan dan Freemason memiliki lambang jangkar dan penggaris.

Bagaimana penampakan makam anggota Freemason yang bersejarah tersebut? Simak penelusuran selengkapnya di detikJatim.

15 Rumah Warga Roboh Diterjang Banjir Rob

Update terbaru dari banjir rob di pesisir utara Jawa Tengah, sejumlah rumah di Rembang rusak. Data BPBD setempat mencatat ada 15 rumah yang roboh. Sementara 113 rumah lainnya rusak ringan.

Sekretaris BPBD Rembang Pramojo mengungkapkan, pihaknya telah mengecek kondisi di lapangan secara langsung. Dari hasil asesmen, total terdapat 128 rumah warga yang rusak akibat terjangan rob. Sebanyak 128 tumah itu tersebar di 12 desa di 4 kecamatan.

Separah apa kerusakan yang terjadi dan berapa perkiraan total kerugiannya? Baca berita selengkapnya di detikJateng.