Menko PMK soal Nasib PPKM: Tunggu Perintah Bapak Presiden

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 15:39 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy
Menko PMK Muhadjir Effendy (Esti Widiyana/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menyatakan tidak ada kenaikan kasus COVID-19 usai mudik Lebaran 2022. Keputusan terkait keberlanjutan PPKM ditentukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy awalnya memaparkan bahwa mudik Lebaran 2022 berjalan dengan baik. Semua variabel mudik Lebaran 2022 berjalan dengan baik.

"Jadi saya sebagai yang mendapatkan tugas untuk mengkoordinir, tadi saya singgung ada enam variabel ya. Yang pertama itu tata kelola lalu lintas, ketersediaan BBM dan alhamdulillah tidak ada masalah untuk BBM," ujar Muhadjir usai mengikuti ratas evaluasi penanganan mudik Lebaran 2022 bersama Jokowi, Selasa (24/5/2022).

"Ketiga, itu kondisi COVID dan vaksinasi. Dan yang terakhir ketersediaan bahan pokok dan bansos. Jadi alhamdulillah yang enam variabel ini berjalan sesuai perintah Bapak Presiden," lanjutnya.

Muhadjir juga menjelaskan bahwa kondisi kasus COVID-19 saat ini semakin menurun. Kendati demikian, lanjut Muhadjir, keputusan terkait keberlanjutan PPKM akan disampaikan oleh Presiden Jokowi.

"Kemudian mengenai PPKM, tentu saja dengan kondisi yang semakin menurun ini kita tinggal tunggu perintah dari Bapak Presiden. Insyaallah itu akan dilakukan oleh Bapak Presiden," ungkapnya.

Dia meminta semua pihak menunggu keputusan Presiden Jokowi terkait PPKM. Dia pun mengajak masyarakat berdoa agar kondisi COVID-19 semakin membaik.

"Kita tunggu saja. Dan berdoa mudah-mudahan COVID-19 semoga semakin menurun sehingga kita bisa menuju ke suasana yang lebih nyaman, jauh lebih baik," tuturnya.

(rdp/imk)