8 Polwan Dilantik Jadi Kapolsek, Kapolda Metro: Perempuan Bisa Memimpin

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 12:27 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Yogi Ernes/detikcom)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melantik 28 kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya hari ini. Tercatat ada delapan Polisi Wanita (Polwan) yang juga dilantik sebagai kapolsek.

"Saat ini, dari 28 kapolsek yang saya lantik, delapan orang di antaranya adalah Polwan. Ini adalah bentuk komitmen saya dalam kesetaraan gender dan ini adalah konsistensi saya untuk terus melakukan pembaruan di tubuh Polda Metro Jaya," kata Fadil di gedung BPMJ Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Fadil mengatakan delapan Polwan yang dilantiknya sebagai kapolsek hari ini bukan hanya persoalan menciptakan kesetaraan gender. Dia menyebut para Polwan pun bisa menjadi seorang pemimpin.

"Bagi saya, perempuan juga bisa memimpin. Ada beberapa kriteria yang membuat saya terus membangun komitmen dalam mengangkat Polisi Wanita menjadi kapolsek," jelas Fadil.

"Tidak tanggung-tanggung saya memberikan jabatan kapolsek perempuan di tempat-tempat yang sebelumnya tidak pernah dijabat perempuan, seperti di Menteng, Penjaringan, dan beberapa polsek lain yang selama ini dijabat oleh polisi laki-laki," sambungnya.

Fadil pun meminta para Polwan yang telah dilantik sebagai kapolsek bertugas dengan maksimal. Dia menekankan sensitivitas dan ketegasan sebagai perempuan bisa dilakukan selama menjabat sebagai kapolsek.

"Saya minta kelebihan Anda sebagai seorang ibu digunakan dalam melakukan pendekatan untuk mereduksi kejahatan yang melibatkan. Saya yakin Polwan lebih mampu membedakan mana penyakit masyarakat, mana kenakalan remaja, dan mana kelompok kriminal," ujar Fadil.

Lebih lanjut Fadil kembali menekankan jabatan Kapolsek kepada delapan Polwan hari ini sebagai pelecut bahwa perempuan bisa menjadi pemimpin.

"Saya minta kepada rekan-rekan Polwan yang saya lantik menjadi kapolsek ini adalah ajang pembuktian kepada Anda semua bahwa Anda bisa memimpin. Bahwa Anda bisa berprestasi, bahwa Anda bisa mengurai kejahatan perkotaan karena memiliki naluri sebagai seorang ibu dalam kodratnya," katanya.

"Tetapi di sisi lain Anda mampu berperan sebagai seorang penjaga ketertiban dan penegak hukum karena posisi anda sebagai seorang kapolsek," sambung Fadil.

Berikut 8 Polwan yang dilantik Kapolsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya:

-Kapolsek Cisauk dijabat AKP Syabillah Putri Ramadhani
-Kapolsek Menteng dijabat Kompol Netty Rosdiana Siagian
-Kapolsek Cimanggis dijabat Kompol SITI Fatimah Said Martandu
-Kapolsek Cakung dijabat Kompol Syarifah Chaira Sukma
-Kapolsek Penjaringan dijabat Kompol Ratna Quratul Aini
-Kapolsek Cinere dijabat Kompol Jun Nurhaida Tampubolon
-Kapolsek Sunda Kelapa dijabat Kompol Riza Sativa
-Kapolsek Tajur Halang dijabat Iptu Tamar Bekti Widiasih Jalmi

Lihat juga Video: Kompolnas Harap Sosok Polwan Bisa Muncul di Hoegeng Award 2022

[Gambas:Video 20detik]




(ygs/isa)