Aturan PPKM Terbaru: Jabodetabek Level 1, Kapasitas Tempat Ibadah 100%

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 09:40 WIB
Masjid Istiqlal, Jakarta.  Agung Phambudhy/ilustrasi/detikfoto
Masjid Istiqlal (Agung Phambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 26 Tahun 2022 tentang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali. Di Kawasan Jabodetabek, tempat ibadah sudah bisa diisi penuh atau seratus persen.

Dilihat dari aturan Inmendagri, wilayah Jabodetabek masuk PPKM Level 1. Disebut, dalam aturan tersebut, tempat ibadah diizinkan untuk diisi sesuai kapasitas penuh.

Berikut aturan yang tertulis dalam Inmendagri soal tempat ibadah pada PPKM Level 1:

j. tempat ibadah (Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah selama masa penerapan PPKM Level 1 (satu) dengan maksimal 100% (seratus persen) kapasitas dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan memperhatikan ketentuan teknis dari Kementerian Agama;

Diketahui, pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Perpanjangan PPKM berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia hingga 6 Juni 2022.

Keputusan tersebut berdasarkan Inmendagri Nomor 26 dan Nomor 27 Tahun 2022. Perpanjangan PPKM mulai berlaku Selasa, 24 Mei 2022 hingga dua pekan ke depan.

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal menyampaikan bahwa evaluasi PPKM yang dilaksanakan setiap dua pekan menunjukkan kondisi COVID-19 yang semakin membaik. Dia menyebut Jabodetabek masuk PPKM level satu.

"Kita lihat data perubahan jumlah daerah pada setiap level PPKM baik di Jawa Bali dan di Luar Jawa Bali menunjukkan kondisi yang semakin membaik, dengan meningkatkan jumlah daerah yang berada di Level 1, termasuk Jabodetabek," kata Safrizal melalui keterangan tertulis, Selasa (24/5/2022).

(aik/imk)