Kepala BIN Sulteng Jadi Pj Bupati Seram Bagian Barat

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 06:24 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Foto: Menko Polhukam Mahfud Md (dok. Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md mengungkapkan bahwa Kepala BIN Sulawesi Tengah (Sulteng) Brigjen Chandra As'aduddin telah ditunjuk jadi Penjabat (Pj) Bupati Seram Bagian Barat. Mahfud mengatakan Brigjen Chandra bertugas di luar TNI, selaku instansi induknya.

"Benar Brigjen Chandra sudah ditetapkan sebagai Penjabat Bupati. Dia memang anggota TNI tapi ditugaskan di luar instansi induknya," kata Mahfud saat dihubungi detikcom, Selasa (24/5/2022).

Mahfud menuturkan berdasarkan putusan MK, anggota TNI-Polri yang ditugaskan di institusi lain bisa menjabat sebagai Pj kepala daerah. Dia menyebut Brigjen Chandra sudah lama ditugaskan di BIN.

"Menurut putusan MK, anggota TNI/POLRI yang tidak aktif secara fungsional di institusi induknya tapi ditugaskan di institusi atau birokrasi lain itu bisa menjadi Penjabat Kepala Daerah. Misalnya mereka yg bekerja di BNPT, Kemko Polhukam, Kemkum-HAM, BIN, Setmil, Lemhanas, dan lain-lain. Aturan dan putusan MK mengatur begitu. Brigjen Chandra itu sudah lama dipekerjakan di BIN," tuturnya.

Lebih lanjut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyampakan anggota TNI-Polri yang alih status juga boleh menjabat sebagai Pj kepala daerah. Mahfud mencontohkan seperti pejabat tinggi (Pati) Polri bintang tiga yang saat ini menjabat sebagai Pj Gubernur Papua Barat, Komjen Paulus Waterpauw.

"Selain yang dipekerjakan di luar institusi induk, anggota TNI/Polri yang alih status menjadi PNS dan pensiun juga boleh. Contohnya Paulus Waterpauw, Pati Polri bintang 3 yang sekarang jadi Penjabat Gubernur Papua Barat. Pak Waterpauw itu sekarang bekerja di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP)," imbuhnya.

Simak juga video 'Tahapan Pemilu 2024 Start 14 Juni, Mahfud Jamin Perlancar Dana':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/zak)