Pemprov DKI Umumkan Pemenang Lelang 3 Proyek ITF Jakarta, Ini Daftarnya

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 21:46 WIB
Sampah nampak berceceran di pinggir Jalan Sunter, Jakarta Utara. Hal itu terjadi karena lahan yang akan dibangun fasilitas ITS baru akan dimulai akhir Juli 2019.
Foto: ITF Sunter (Rifkianto Nugroho/detik)
Jakarta -

Pemprov DKI mengumumkan pemenang lelang 3 proyek intermediate treatment facility (ITF) di Jakarta. Nilai investasi dari masing-masing ITF variatif, mulai dari Rp 4,5 hingga Rp 6,7 triliun.

"Nilai investasi memang beragam, ini juga masih kita kaji. Kalau dari usulan masing-masing perusahaannya memang variatif, untuk yang (ITF) Barat itu nilai investasinya sekitar Rp 6,7 triliun seingat saya, tetapi untuk yang timur, selatan lebih murah sekitar Rp 4-5 triliunan untuk masing-masing (ITF)," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2022).

Asep memerinci 3 proyek ITF itu bakal melayani wilayah Barat, Selatan dan Timur Jakarta. Dia berharap tahapan konstruksi 3 ITF bisa dimulai pada 2023 mendatang.

"Ada perjanjian kerjasama untuk kemudian mereka kita kasih tenggat waktu financial cost, penuntasan terhadap pendanaannya kemudian nanti mudah-mudahan inshallah di pertengahan 2023 bisa konstruksi," ujarnya.

Adapun perbedaan nilai proyek masing-masing ITF karena adanya perbedaan investor serta teknologi yang digunakan.

"Itu kan relatif ya. Produk kalau yang Sunter sama Barat itu kan Eropa dengan teknologi Eropa. Kalau Timur, Selatan teknologi (Cina) jadi memang investasi tidak terlepas dari besaran nilai teknologinya," jelasnya.

Berikut rincian pemenang tender serta rencana lokasi pembangunan 3 ITF di Jakarta:

1. ITF wilayah layanan Barat
- BUMD yang ditugaskan: PT Jakarta Propertindo (JakPro)
- Mitra kerja: Konsorsium WIKA-INDOPLAS
-Wilayah pelayanan: 7 kecamatan di kota Jakarta Barat dan Selatan
- Rencana lokasi: Jl Sri Sultan Hengkubuwono IX-Raya Bekasi, Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur
- luas laham: 8-8, 8 hektare.

2. ITF wilayah layanan Timur
- Penugasan: Perumda Pembangunan Sarana Jaya
- Wilayah pelayanan: 9 kecamatan
- Mitra terpilih: Konsorsium GCL Inteligent Energy-PT Sarana Sakti Pratamadya
- Rencana lokasi: perubahan lahan dari lokasi awal lahan milik PT Nusa Kirana menjadi lahan alternatif di kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara
- Estimasi biaya: Rp 3,7 triliun

3. ITF wilayah layanan Selatan
- Penugasan: Perumda Sarana Jaya
- Wilayah pelayanan: 10 kecamatan
- Mitra terpilih: Konsorsium CNTY-PT AKA Sinergi Group
- Lokasi proyek: Pesanggrahan, Jamarta Selatan
- Luas lahan: 60.738 meter kubik.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta berencana membangun 4 fasilitas pengolahan sampah antara (FSPA) atau ITF. Adapun, ITF ini berada di empat lokasi dalam kota Jakarta yaitu ITF Sunter, ITF wilayah layanan Barat, ITF layanan Timur dan ITF layanan Selatan.

Pemprov DKI menugaskan 2 BUMD membangun ITF tersebut. Yaitu, ITF Sunter dan ITF wilayah layanan Barat oleh JakPro sedangkan ITF wilayah layanan Timur dan Selatan oleh Sarana Jaya.

Simak juga 'Formula E Masuk Rangkaian Acara HUT ke-495 DKI Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/dek)