Brantas Abipraya Gelar Donor Darah, Bantu Jaga Stok Darah di RS

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 20:05 WIB
Brantas Abipraya
Foto: dok. Brantas Abipraya
Jakarta -

PT Brantas Abipraya (Persero) menggelar kegiatan donor darah untuk menjaga stabilitas suplai darah. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Srikandi Abipraya. Pelaksanaannya diadakan di Gedung Brantas Abipraya yang berlokasi di Cawang, Jakarta Timur.

"Melalui kegiatan hari ini, seluruh Insan Abipraya ingin mengedepankan kepedulian kepada masyarakat sekitar. Semoga kegiatan donor darah ini dapat memberikan manfaat yang lebih untuk lingkungan yang saudara-saudara kita yang membutuhkan," kata Direktur Utama Brantas Abipraya Sugeng Rochadi dalam keterangan tertulis, Senin (23/5/2022).

Ia menjelaskan donor darah merupakan kegiatan tahunan Brantas Abipraya yang biasa dilakukan tiga kali dalam setahun. Namun, kegiatan ini sempat tertunda dua tahun belakangan karena kondisi pandemi COVID-19.

Lebih lanjut, Sugeng menerangkan kegiatan ini tak hanya dapat diikuti Insan Abipraya yang berada di Kantor Pusat dan proyek-proyek yang berada di sekitar Jakarta. Namun, masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi juga bisa turut berpartisipasi.

Sugeng berharap dari total 197 pendonor yang ada, pihaknya dapat memberikan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan kantung darah kepada yang membutuhkan.

Program donor darah menjadi kegiatan yang diarahkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Karenanya, program sosial ini pun menjadi prioritas Brantas Abipraya.

Sugeng berharap kegiatan donor darah ini dapat menumbuhkan semangat dan kesadaran dalam diri masing-masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong-menolong antar sesama manusia.

"Semoga melalui kegiatan ini, kita menjadi semakin peka dan semakin peduli akan penderitaan sesama yang membutuhkan," sambungnya.

Sementara itu, salah satu Insan Abipraya yang mengikuti kegiatan ini, Raihan Mahdy menyambut baik kegiatan sosial ini. Raihan mengatakan selain dapat membantu sesama, kegiatan donor darah secara rutin ini juga baik bagi kesehatan.

Dalam kesempatan ini, Penanggung Jawab Unit Transfusi Darah PMI Provinsi DKI Jakarta, dr. Bono Suwignyo menyebutkan setiap harinya DKI Jakarta membutuhkan 1.200 kantung darah yang harus dipenuhi. Sehingga adanya event donor darah seperti yang diadakan Abipraya ini dapat membantu capaian target kantong darah PMI.

Lebih lanjut, dr. Bono menjelaskan keuntungan yang dapat diperoleh dari mendonorkan darah untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi sel darah merah, membakar kalori, dan menjaga kesehatan jantung.

dr. Bono juga menyampaikan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan donor darah ini. Ia mengatakan aksi kemanusiaan ini dapat membantu PMI dalam penyediaan kebutuhan darah bagi masyarakat di Jakarta. Ia pun berharap kegiatan ini dapat rutin terus dilaksanakan oleh Insan Abipraya untuk dapat membantu sesama.

(prf/ega)