Partai Rakyat Bantah Lompat ke Parsindo!

Matius Alfons - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 18:56 WIB
Ketum Partai Rakyat Noviar Arvindo
Ketum Partai Rakyat Noviar Arvindo (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Swara Indonesia (Parsindo) Jusuf Rizal mengklaim Partai Rakyat sebagai salah satu partai yang melompat bergabung ke Parsindo. Ketua Umum Partai Rakyat Arvindo Noviar membantah klaim Jusuf Rizal.

Awalnya Arvindo mengaku kaget mengetahui partainya diklaim Parsindo, yang disebut didukung Tommy Soeharto, telah bergabung ke Parsindo. Dia memastikan klaim tersebut palsu lantaran Partai Rakyat justru lahir dari keprihatinan akan kehancuran Indonesia imbas perbuatan Orde Baru, yang dipimpin Presiden Soeharto kala itu.

"Saya terperanjat membaca sebuah berita online yang menulis bahwa Partai Rakyat diklaim oleh Parsindo---Tommy Soeharto---telah melebur dengan mereka. Maka dengan tegas saya jawab, tidak! Klaim itu jelas sebuah kecerobohan," kata Arvindo dalam keterangannya, Senin (23/5/2022).

Lebih lanjut, Arvindo juga membantah klaim Parsindo yang menyebut Partai Rakyat tidak lolos Kemenkumham. Dia memastikan partainya telah disahkan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI lewat Surat Keputusan Nomor: M.HH-23.AH.11.01 Tahun 2021 tentang perubahan susunan kepengurusan Partai Rakyat.

"Oleh sebab klaim palsu yang tersebar itu tentu menimbulkan kegaduhan dan kebingungan di dalam tubuh internal Partai Rakyat," ujarnya.

Atas dasar itulah, Arvindo mendesak Parsindo hingga Tommy Soeharto meminta maaf atas klaim palsu tersebut. Dia beralasan hal tersebut sangat merugikan pihaknya.

"Maka saya meminta dengan tegas Tommy Soeharto atau siapapun yang mengklaim Partai Rakyat bergabung dengan Parsindo untuk mencabut klaimnya dan meminta maaf secara terbuka. Karena jelas-jelas sangat merugikan bagi kami. Gaya politik dengan klaim-klaim secara serampangan semacam itu sudah ketinggalan zaman dan kolot," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Airlangga Hartarto: Partai Golkar Terbuka Untuk Semua Parpol':

[Gambas:Video 20detik]