PPP-Golkar Sebut Koalisi Indonesia Bersatu Sudah Dilaporkan ke Jokowi

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 18:21 WIB
Pertemuan Ketum Golkar, Ketum PAN dan Ketum PPP (dok. istimewa).
Pertemuan Ketum Golkar, Ketum PAN, dan Ketum PPP (dok. Istimewa)
Jakarta -

Partai Golkar, PPP, dan PAN belum lama ini mendeklarasikan koalisi menuju Pemilu 2024 bernama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). KIB disebut sudah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan telah dipersilakan.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek mengatakan Jokowi telah mempersilakan para menterinya melakukan kerja-kerja partai politik asalkan tak mengganggu jalannya pemerintahan. Awiek menyebut kemunculan KIB tak akan mengganggu tugas pemerintahan dan legislatif.

"Kan memang Pak Jokowi mempersilakan para menterinya, dulu tuh, untuk melakukan kegiatan-kegiatan popularitasnya, kegiatan politiknya. Asalkan tidak mengganggu tugas-tugas kenegaraan. Nah kehadiran KIB kan tidak mengganggu tugas-tugas beliau-beliau di pemerintahan maupun di legislatif," kata Awiek kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

Dengan begitu, menurut Awiek, kehadiran KIB tak perlu dipersoalkan. "Jadi hal yang wajar aja saya kira tidak ada yang dipersoalkan. Ya karena memang Pak Jokowi sudah pernah beliau menyampaikan, silakan untuk beraktivitas secara politik tentunya tidak mengganggu tugas-tugas di pemerintahan," imbuhnya.

Namun, saat ditanya apakah KIB sudah dapat lampu hijau dari Jokowi, Awiek menyebut pembentukan koalisi tak ada kaitannya dengan pemerintah yang sedang berlangsung. Dia menyebut koalisi itu merupakan kesepakatan partai.

"Ndak ada itu lampu-lampu hijau, semua kan kesepakatan partai-partai yang di luar kebijakan Pak Jokowi," ujarnya.

Senada, Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan pembentukan KIB, yang melibatkan Golkar di dalamnya, telah dilaporkan kepada Jokowi.

"Sebagai bagian dari partai pendukung pemerintahan Presiden Jokowi, apa yang dilakukan Pak Airlangga Hartarto (Ketum Golkar sekaligus Menko Bidang Perekonomian), tentu dilaporkan kepada Presiden Jokowi," kata Ace.

Lagi pula, lanjutnya, pembentukan KIB termasuk bentuk komitmen mereka dalam mengawal kinerja pemerintahan Jokowi hingga akhir periode.

"Toh, langkah yang kami lakukan ini salah satunya berkomitmen mengawal kinerja pemerintahan Jokowi hingga tahun 2024 nanti," sambungnya.

Simak Video 'Cak Imin Beri Isyarat PKB Siap Gabung Koalisi Indonesia Bersatu, Asal...':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/eva)