Jokowi Singgung Kesenjangan Vaksinasi hingga Pengangguran Baru di UNESCAP

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 16:13 WIB
Presiden Jokowi (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan sejumlah pandangan mengenai tantangan besar akibat pandemi, perubahan iklim, dan perang. Jokowi mengatakan ada kesenjangan vaksinasi COVID-19 hingga pendanaan Sustainable Development Goals (SDGs).

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam pembukaan sidang komisi ke-78 United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/5/2022). Jokowi awalnya menyampaikan terkait ekonomi di negara Asia Pasifik yang belum pulih.

"Tujuh puluh persen dari total pengangguran baru terjadi di kawasan kita dan 85 juta penduduk kembali masuk ke jurang kemiskinan ekstrem," ujar Jokowi.

Selain itu, kata Jokowi, pertumbuhan ekonomi kawasan tahun ini turun menjadi 4,9 persen. Inflasi juga diperkirakan mencapai 8,7 persen atau naik 2,8 persen dari perkiraan semula.

"Pencapaian SDGs semakin tertunda, kawasan kita diperkirakan baru dapat mencapai SDGs paling cepat pada tahun 2065. Dan menurut global climate risk index, 6 dari 10 negara paling terdampak perubahan iklim dalam jangka panjang ada di Asia Pasifik," imbuh Jokowi.

Atas kondisi di atas, Jokowi mendukung sepenuhnya upaya UNESCAP. Selain itu, Jokowi membeberkan sejumlah pandangan mengenai masalah tersebut.

"Yang pertama, penanganan pandemi harus dilanjutkan dan kesenjangan vaksinasi di kawasan harus ditutup. Kawasan ini memiliki negara dengan pencapaian vaksinasi tertinggi dan juga terendah di dunia, keberhasilan vaksinasi menentukan reaktivasi nasional dan konektivitas dengan perekonomian dunia. UNESCAP dapat mendukung terbentuknya jaringan fasilitas produksi dan distribusi vaksin regional mengatasi tantangan logistik dan mempersingkat rantai pasok," beber Jokowi.

Simak halaman selanjutnya soal akselerasi SDGs

Saksikan Video 'Jokowi Umbar Langkah Jitu Menekan Pengangguran di Tanah Air':

[Gambas:Video 20detik]