Sampah di TPA Cipayung Overkapasitas, Hampir 2 Kali Lipat Daya Tampung

Dwi Rahmawati - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 15:44 WIB
TPA Cipayung Depok akan dipindah ke Tempat Pembuangan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Regional-Lulut Nambo. Begini kondisi terkini TPA tersebut.
TPA Cipayung Depok (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok, Jawa Barat, sudah melebihi kapasitas. Dalam sehari sampah yang masuk dari Kota Depok mencapai 1.100 ton.

Kepala UPT TPA Cipayung, Dadan Ardan Kurniawan, Senin (24/5/2022), mengatakan ada kenaikan 100 ton untuk sampah yang masuk per harinya. Bahkan, untuk kapasitas sampah saat ini, jumlah sudah hampir dua kali lipat dari daya penampungan.

Dikatakan Ardan, daya tampung TPA Cipayung di angka 1,3 juta meter kubik. Namun saat ini jumlah sampah yang ada mencapai 2,5 juta meter kubik.

"Sampah Kota Depok yang masuk TPA Cipayung itu sekitar 1.100 ton per hari, sebelumnya 1.000. Kapasitas atau daya tampung TPA Cipayung itu 1,3 juta kubik, sekarang sudah mencapai 2,5 juta kubik," papar Ardan di TPA Cipayung.

Adapun ketinggian dari gunungan sampah tersebut rata-rata mencapai 23 meter. Lantaran TPPAS Lulut-Nambo belum bisa digunakan Kota Depok, Ardan pun menyiasatinya dengan melakukan penataan.

"Tapi kita upayakan mencari alternatif lain, dengan melakukan penataan titik-titik mana saja yang masih bisa kita ratakan sampahnya dan area-area yang ketinggiannya belum begitu maksimal," ungkap dia.

Ardan pun mengatakan ada kemungkinan TPA Cipayung sudah kelebihan kapasitas sejak 2019. Ia menyebut sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"(Pemprov datang) dalam rangka monitoring dan melihat secara langsung bagaimana kondisi TPA Cipayung dalam rangka penanganan yang kami usulkan ke provinsi itu. Untuk sewa alat, untuk penataan TPA Cipayung," pungkasnya.

(aud/aud)