Seloroh Ketum PBNU Gus Yahya soal Cak Imin Kumpulkan Ulama

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 12:34 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terpilih, KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya di Istana Kepresidenan Bogor. Gus Yahya datang untuk melaporkan hasil Muktamar ke-34 NU beberapa waktu lalu di Lampung.
Gus Yahya (Kris-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin disebut mengumpulkan para ulama di Surabaya, Jawa Timur. Menanggapi hal itu, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mengatakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pun akan mengumpulkan para ulama.

"Monggo, nanti kan sebentar lagi Panglima akan kumpulkan ulama juga semuanya," katanya di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2022).

Kemudian, Yahya pun tidak merespons lebih jauh terkait hal itu. Dia segera mengantar Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memasuki kendaraannya.

Sebelumnya, Cak Imin menggelar doa bersama untuk perdamaian dunia di Dyandra Convention Hall Surabaya pada Minggu (22/5). Dalam doa bersama yang dikemas bersama halalbihalal ini, Muhaimin menginginkan umat Islam di Indonesia mendoakan perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

"Ini bentuk ikhtiar kami dengan ulama, kiai yang hari ini kumpul untuk mendorong umat Islam Indonesia berperan lebih aktif mengatasi peperangan menuju perdamaian. Di sisi lain, kami juga mendoakan bangsa-bangsa dunia agar segera menghentikan perang yang ada dan mendorong perdamaian abadi," kata Muhaimin.

"Sepulang dari sini, habib dan para ulama juga akan melanjutkan bermunajat untuk gerakan kekuatan langit demi menghentikan perang. Nanti para ulama dan kiai akan berdoa dari tempat masing-masing," sambungnya.

Wakil Ketua DPR RI ini juga mengaku menggelar halalbihalal sebagai bentuk syukur bahwa pandemi COVID-19 sudah semakin membaik. Ia berharap, setelah ini, pandemi COVID-19 segera menjadi endemi.

"Acara tambahannya halalbihalal sudah bersyukur pandemi telah berakhir. Insyaallah jadi endemi dan ini semoga jadi terwujud. Kita halalbihalal untuk mensyukuri keadaan yang mana 2 tahun lalu nggak bisa halalbihalal," tandasnya.

Lihat juga video 'Cak Imin Beri Isyarat PKB Siap Gabung Koalisi Indonesia Bersatu, Asal...':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)