Andre Rosiade Berduka Fahmi Idris Wafat: Tokoh Pemersatu Minangkabau

Gibran Maulana - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 12:23 WIB
Andre Rosiade (dok. Andre Rosiade).
Andre Rosiade (dok. Andre Rosiade)
Jakarta -

Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Andre Rosiade, sangat berduka atas meninggalnya Fahmi Idris. Andre Rosiade mengaku cukup dekat dengan Fahmi Idris dan juga keluarga mantan Menteri Perindustrian RI ini.

"Bang Fahmi Idris adalah tokoh Minangkabau yang menasional dan sangat dikenal sebagai pemersatu perantau Minang. Apapun masalah perorangan, kelompok atau organisasi, Fahmi Idris tampil dengan solusinya," kata Andre Rosiade saat melayat ke rumah duka di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Minggu (22/5/2022) malam.

Andre, yang juga Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM), beberapa kali melihat Fahmi Idris bisa mendamaikan dan mempersatukan pihak-pihak yang bertengkar. "Apa pun kelompok atau organisasinya, Bang Fahmi Idris datang untuk membantu. Beliau tak pandang asal-usul dan lainnya," kata anggota Komisi VI DPR RI ini.

Fahmi Idris, kata Andre Rosiade, adalah orang yang sangat memerhatikan kampung halaman dan perantau. Banyak perannya dalam pembangunan, baik saat menjadi pejabat atau setelah tidak lagi menjabat.

"Tentunya ini akan menjadi kehilangan yang besar. Kita semua harus melanjutkan bakti Bang Fahmi Idris untuk Minangkabau," kata Andre Rosiade.

Saat melayat, Andre Rosiade dan istri bertemu langsung dengan putri Fahmi Idris yang juga anggota DPD RI, Fahira Fahmi Idris, dan istri Fahmi Idris, Yenni Fatmawati. Andre juga bertemu dengan Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang Yuliandri, hakim konstitusi Saldi Isra, pengusaha Minang Firdaus HB, dan lainnya.

"Kami sempat berbincang dengan keluarga almarhum yang begitu terpukul dengan kehilangan ini. Kami berharap keluarga sabar dan tabah menghadapinya. Insyaallah, Pak Fahmi Idris adalah orang yang sangat berjasa untuk kampung halaman dan rantau," kata Ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Lihat video 'Sepak Terjang Fahmi Idris: Menaker Era Habibie Hingga Menperin SBY':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)