Kode Keras Jokowi Disambut Relawan Ganjar

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Mei 2022 07:04 WIB
Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Foto: Presiden Jokowi (kanan depan) berbincang dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Arahan 'ojo kesusu' dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk relawan Projo terkait capres 2024 dianggap kode keras dukungan untuk Ganjar Pranowo. Gayung bersambut, relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania juga beranggapan demikian.

GP Mania menyimpulkan 3 poin penting dari arahan dalam pidato Presiden Jokowi yang disampaikan dalam Rakernas Projo di Magelang, Jawa Tengah, 21 Mei 2020, kemarin. Poin pertama, GP Mania menegaskan sejak awal dukungan GP Mania untuk Ganjar sedikitpun tak bergeming.

"Pertama, kalau kita kan jelas, dari awal kita dukung Mas Ganjar Pranowo," kata Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer atau Noel kepada wartawan, Minggu (22/5/2022).

Presiden Jokowi dan istrinya, Irian, dalam Rakernas Projo di Magelang, Jateng, Sabtu (21/5/2022).Presiden Jokowi berjaket merah dan istrinya, Irian Jokowi, dalam Rakernas Projo di Magelang, Jateng, Sabtu (21/5/2022). (Eko Susanto/detikJateng)

Kesimpulan poin kedua, GP Mania bakal berupaya hingga titik nadir bilamana Ganjar tak mendapat tiket capres 2024. Jika itu terjadi, GP Mania bakal menggalang gerakan 'Sejuta Tiket untuk Ganjar dari Rakyat'.

Poin ketiga, tak lain keyakinan terhadap pidato 'ojo kesusu' Presiden Jokowi. Namun, GP Mania masih menyebut arahan ojo kesusu Jokowi baru sebatas isyarat.

"Ketiga, pidato Presiden yang nggak kalah penting adalah mengisyaratkan dukungan untuk Mas Ganjar itu sebetulnya ya," kata Noel.

Namun, dalam politik tidak ada hal yang niscaya. GP Mania juga menyadarinya.

Merujuk slogan 'tak ada yang pasti dalam politik', GP Mania melihat ada 2 makna lain yang bisa saja diambil dari arahan ojo kesusu Jokowi. Sebab, dalam pidatonya Jokowi sempat menyebut kalimat 'meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini'. Diketahui, Ganjar dan Noel sama-sama mendengar dan menyaksikan secara langsung.

Adapun makna pertama yang dianggap bisa dipetik, yakni arahan itu benar-benar kode dukungan untuk Ganjar. Kedua, arahan dimaksud ditujukan untuk Noel sendiri. Sebab, Noel merupakan satu-satunya relawan Jokowi pendukung Ganjar yang hadir dalam Rakernas Projo.

"Saya kan hadir dalam acara Projo kan, saya hadir, dan Mas Ganjar hadir. Bahwa Presiden menyampaikan ke para peserta acara Rekernas Projo itu bahwa, 'walaupun orangnya yang kita dukung ada di sini', gitu, 'tapi, ojo kesusu', gitu. Sebetulnya kan itu jelas dan tegas ya," papar Noel.

"Saya tidak mau menginterpretasikan. Tapi, apa yang disampaikan Presiden saat pidato, ya saya nggak tahu maksudnya ke Mas Ganjar atau apa. Karena kan satu-satunya relawan Jokowi yang mendukung Mas Ganjar kan saya doang. Entah mengarahkan ke saya atau ke mana," imbuhnya.

Simak video 'Di Depan Projo, Jokowi Beri Sinyal Dukung Ganjar untuk 2024?':

[Gambas:Video 20detik]




GP Mania sendiri melihat Jokowi begitu lepas saat memberi arahan ojo kesusu. Simak di halaman berikutnya.