Berpulangnya Viryan Azis dan Buku Pencarian Hari Lahir KPU

Andi Saputra - detikNews
Minggu, 22 Mei 2022 15:50 WIB
Komisioner KPU Viryan Azis
Foto: Anggota KPU RI 2017-2022 Viryan Azis (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Anggota KPU RI periode 2017-2022, Viryan Azis meninggal dunia. Meski kembali ke Ilahi di usia 47 tahun, tapi karya Viryan nyata bagi demokrasi Indonesia, salah satunya riset tentang kapan hari lahir KPU yang dituangkan dalam buku 'Asal-Usul Manajemen Pemilu Indonesia'.

"Buku yang ditulis oleh Viryan ini coba menjawab pertanyaan sederhana, yaitu kapan hari lahir KPU sebagai penyelenggara pemilu," kata Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari kepada wartawan, Minggu (22/5/2022).

Hasyim mengatakan, buku yang ditulis Viryan ini menjawab pertanyaan sederhana terkait kapan KPU dibentuk atau dilahirkan, karena dari beberapa kajian belum mendapatkan jawaban yang memuaskan. Namun rupanya, pertanyaan yang semula terkesan sederhana tersebut, panjang urusannya karena memunculkan rangkaian pertanyaan berikutnya.

"Jawaban terhadap rangkaian pertanyaan lanjutan itu juga bukan masalah mudah, justru semakin rumit jawabannya," ujar Hasyim Asy'ari yang juga alumnus FH Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto itu.

Dalam buku itu, kata Hasyim, memuat sejumlah pertanyaan. Pertanyaan itu salah satunya terkait apa yang dimaksud KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu dalam arti sempit atau dalam arti luas.

"Dalam menjawab pertanyaan jenis ini, mau tidak mau Viryan harus membuka dan menjelajah kembali naskah-naskah sejarah dan dokumen hukum, karena dari situ dapat ditemukan penjelasan dan jawaban yang relatif jelas," tutur Hasyim Asy'ari.

Kedua, bila yang dimaksud KPU adalah penyelenggara pemilu yang bernama KPU, maka mengundang pertanyaan lanjutan, yaitu KPU sebagaimana dalam praktik ketatanegaraan dalam Pemilu 1999 yang komposisi anggotanya terdiri dari wakil pemerintah dan wakil partai politik peserta pemilu ataukah KPU dengan karakter 'mandiri', sebagaimana dalam konstruksi hukum Pasal 22E UUD 1945 hasil amandemen.

"Dalam menjawab pertanyaan itu, Viryan menjelaskan kerangka teori tentang model-model karakter penyelenggara pemilu ( electoral management bodies), karena dengan begitu akan ditemukan jawaban yang pas tentang hari lahir KPU jenis yang mana," ungkap Hasyim Asy'ari.

"Tentu jawaban dapat beraneka ragam, tergantung pertanyaan mana yang akan dijawab. Kita beruntung dapat menelusuri rangkaian pertanyaan dan jawaban seputar hari lahir KPU, karena ketekunan Mas Viryan dalam menulis buku ini. Bagi saya buku ini wajib dibaca oleh para penyelenggara pemilu dan para peminat kajian pemilu Indonesia," imbuhnya.

Hasyim menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Viryan untuk selamanya. Hasyim menyebut Viryan adalah anggota KPU yang bekerja sangat gigih.

"Viryan ini anggota KPU yang bekerja dengan gigih, pekerja keras dan bekerja hingga tuntas. Semoga almarhum husnul khatimah. Alfaatihah," kata Hasyim.

Simak juga 'KPU Pakai Kotak Suara 'Kardus' Lagi di Pemilu 2024, Ini Alasannya':

[Gambas:Video 20detik]



(asp/whn)