Terawan Kenang Yuri: Terima Kasih Telah Edukasi Warga di Awal Pandemi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 22:33 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto
Terawan (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Eks Menkes Terawan Agus Putranto berduka atas wafatnya eks Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto. Terawan bersaksi bahwa Yuri adalah orang yang baik.

"Saya turut berbelasungkawa. Saya bersaksi beliau orang baik. Saya juga berterimakasih almarhum telah membantu negara dalam mengedukasi serta memberikan informasi kepada masyarakat di masa awal pandemi COVID-19," kata Terawan, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (21/5/2022).

Yuri diketahui mengawali karirnya sebagai dokter militer. Terawan menyebut Yuri adalah prajurit TNI yang gigih dan pantas diteladani.

"Almarhum juga menjadi teman diskusi saya di Kemenkes," ujarnya.

Yuri pernah menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Dukungan Kesehatan dan Operasi Pusat Kesehatan TNI dari tahun 2011 sampai 2016. Yuri pensiun dari ketentaraan dengan pangkat kolonel.

"Semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan di beri ketabahan," kata Terawan.

Yuri meninggal sekitar pukul 18.58 WIB di Malang, Jawa Timur. Yuri meninggal dunia setelah sempat dirawat karena stroke dan kanker usus.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat dr Siti Nadia Tarmizi menyebut, mantan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes tersebut mengalami multiple komplikasi.

"Beliau mengalami multiple komplikasi," terang dr Nadia kepada detikcom Sabtu (21/5).

(lir/isa)