Ini Dasar Pertimbangan Anies Cabut Pergub Era Ahok soal RT/RW

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 10:38 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyalami Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat usai pelantikan anggota DPRD DKI baru.
Anies dan Ahok (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencabut Pergub Nomor 171 Tahun 2016 tentang Pedoman Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW). Anies mengganti Pergub era Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok itu dengan Pergub Nomor 22 Tahun 2022.

Dilihat detikcom, Sabtu (21/5/2022), ada dua hal yang menjadi pertimbangan Anies membuat pergub baru. Berikut pertimbangannya:

Menimbang:

a. bahwa untuk menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa, Peraturan Gubernur Nomor 171 Tahun 2016 tentang Pedoman Rukun Tetangga dan Rukun Warga perlu diganti;

b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, perlu menetapkan Peraturan Gubernur tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga.

Salah satu yang berubah terkait RT/RW di Jakarta ialah masa jabatan pengurusnya. Dalam Pergub era Ahok, pengurus RT/RW menjabat selama 3 tahun, sedangkan di Pergub era Anies pengurus RT/RW bisa menjabat 5 tahun.

Sebagai informasi, masa jabatan RT/RW dalam pergub terbaru ini menyesuaikan dengan Permendagri 18 Tahun 2018. Dalam Permendagri 18/2018 itu, RT dan RW termasuk dalam Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD).

Permendagri itu mengatur LKD bisa menjabat selama 5 tahun. Pengurus LKD bisa menjabat paling banyak dua kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.

Berikut aturannya di dalam Permendagri tersebut:

Pasal 8:

(3) Pengurus LKD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memegang jabatan selama 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal ditetapkan

(4) Pengurus LKD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat menjabat paling banyak 2 (dua) kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut

Simak juga Video: Kisah kak Toto, Terangi Jalan Anak Autis Dengan Lukisan

[Gambas:Video 20detik]



(haf/idh)