Warga Wadas Ini Manfaatkan Uang Ganti Rugi Beli Sawah & Kebun Sawit

Rhazes Putra - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 15:34 WIB
Warga Desa Wadas
Foto: Istimewa
Jakarta -

Sejumlah warga Desa Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo kini telah menerima uang ganti rugi (UGR). Uang yang diterima jauh lebih tinggi dari harga normal, sehingga para warga pun memanfaatkan hasilnya untuk investasi.

Sebagian dari mereka memanfaatkan uang tersebut untuk membeli lahan baru yang justru lebih luas dan lebih subur. Selain itu juga digunakan untuk modal usaha dan juga ditabung.

Muhlisin, salah satu contohnya, ia menerima UGR hingga mencapai Rp 3,4 miliar. Dan, hasilnya itu dia membeli sejumlah bidang lahan, sawah dan lahan perkebunan sawit.

"Uang itu saya belikan dua bidang tanaman cengkeh, dua bidang sawah dan 5 hektar perkebunan sawit di Kalimantan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat.

Saat ini, aset tanah miliknya banyak dan luas. Selain itu, lahan yang dibelinya juga lebih produktif dibanding sebelumnya. Begitu pula dengan Busri, warga Desa Wadas yang juga mendapat UGR hingga Rp 3 miliar. Uang itu langsung dimanfaatkannya untuk memborong dua unit mobil, satu unit motor trail, satu rumah dan beberapa bidang tanah.

Menurut Busri, UGR yang dicairkan pemerintah tidak mengecewakan warga. Sehingga warga bisa membeli lahan ganti yang lebih bagus dan luas.

"Kalau yang lahan ada beberapa bidang, sudah ada tanamannya seperti pohon sengon dan lainnya," ungkapnya.

Setelah membeli sejumlah aset, baik mobil, rumah dan lahan, Busri masih mampu menyisakan sekitar Rp 300 juta untuk ditabung. Busri menjelaskan kalau UGR yang diberikan pemerintah ini bukan ganti rugi melainkan ganti untung, karena menguntungkan.

Busri menceritakan, selama ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga sering mengunjungi warga Desa Wadas. Ganjar selalu berpesan agar uang ganti rugi itu digunakan sebaik-baiknya untuk usaha dan investasi agar lebih bermanfaat.

(ega/ega)