Apakah Indonesia Bebas Masker? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 10:04 WIB
Apakah Indonesia bebas masker? Presiden Jokowi telah mengizinkan masyarakat untuk membuka masker saat berada di ruangan terbuka. Berikut informasi selengkapnya.
Apakah Indonesia Bebas Masker? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini (Foto: Getty Images/ArtistGNDphotography)
Jakarta -

Apakah Indonesia bebas masker? Presiden Jokowi telah mengizinkan masyarakat untuk membuka masker saat berada di ruangan terbuka. Hal tersebut melihat kondisi kasus COVID-19 di Indonesia sudah menurun.

Namun, beberapa kelompok masyarakat diimbau Jokowi untuk tetap menggunakan masker ketika beraktivitas. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apakah Indonesia Bebas Masker? Ini Kata Jokowi

Aturan baru dalam pemakaian masker telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo. Kini, masyarakat boleh tidak memakai masker ketika beraktivitas di ruangan terbuka.

Namun, ini bukan berarti Indonesia sudah bebas dari masker. Masyarakat diminta tetap memakai masker saat berada di ruangan tertutup atau ketika menggunakan transportasi umum.

"Pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," demikian keterangan Jokowi dalam video di akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Lansia dan Penderita Komorbid Diimbau Tetap Memakai Masker

Bagi masyarakat lansia dan penderita komorbid, disarankan untuk tetap memakai masker, baik di ruangan terbuka maupun tertutup. Hal serupa juga berlaku untuk mereka yang sedang batuk dan pilek.

Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," ucap Jokowi.

Kebijakan Lepas Masker di Outdoor Berlaku Tanggal 18 Mei 2022

Selain pelonggaran pemakaian masker, Presiden Jokowi juga mengumumkan syarat perjalanan terbaru. Masyarakat yang akan bepergian dengan transportasi publik tidak perlu menunjukkan tes COVID-19, baik PCR maupun Antigen.

Di samping itu, Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebutkan jika kedua aturan tersebut berlaku mulai tanggal 18 Mei 2022.

"Nantinya elaborasi arahan Presiden akan dituangkan dalam beberapa perubahan kebijakan pengendalian COVID-19 terkait pelaku perjalanan luar negeri dan dalam negeri, dan masa berlaku efektifnya per 18 Mei 2022 atau besok," ucap Wiku dalam konferensi pers, Selasa (17/5/2022).

Jadi, apakah Indonesia bebas masker? Berdasarkan informasi di atas, Indonesia belum sepenuhnya bebas dari penggunaan masker. Masker COVID-19 tetap harus digunakan pada kondisi-kondisi tertentu.

Simak juga video 'Apresiasi Pelonggaran Masker, Komisi IX DPR: Hilangkan Kejenuhan':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)