Golkar DKI Minta Izin Operasional Truk Pembuang Tinja ke Selokan Dicabut!

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 07:14 WIB
Viral truk tinja buang limbah di Matraman Jaktim (instagram @dinaslhdki)
Foto: Viral truk tinja buang limbah di Matraman Jaktim (instagram @dinaslhdki)
Jakarta -

Satu unit truk tinja kepergok membuang limbah tinja ke selokan di Matraman, Jakarta Timur (Jaktim). Golkar DKI Jakarta meminta izin operasional truk itu dicabut.

"Yang seperti ini tidak bisa dibiarkan dan akan kita minta Dinas LH beri sanksi tegas, ya kalau perlu pencabutan izin operasi. Saya yakin ini bukan pertama mereka lakukan seperti ini," ujar Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan kepada wartawan, Kamis (19/5/2022).

Anggota Komisi D DPRD DKI itu mengatakan pihaknya akan menggelar rapat dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI pada Senin (23/5). Rapat tersebut tentang pengolahan sampah, intermediate treatment facility (ITF).

"Kita akan minta keterangan terkait ini (buang tinja sembarangan) dan sanksi apa untuk yang melanggar ini dan saya kira kedepan Dinas LH harus lebih ketat melakukan pengawasan kepada mereka yang beroperasi sebagai operator limbah tinja ya khususnya, sistem pengawasannya seperti apa, kalau perlu dibuat wilayah kerja sehingga bisa kita awasi setiap saat kegiatan mereka," lanjutnya.

Sebelumnya, rekaman sebuah truk yang kedapatan membuang tinja di Jalan Ahmad Yani, Matraman, Jakarta Timur, viral di media sosial. Truk bernomor polisi B-3053-TFA itu disebutkan membuang tinja di Jalan Ahmad Yani pada Selasa (17/5) sekitar pukul 15.30 WIB.

Tampak seseorang mengeluarkan slang yang diduga berisi tinja, kemudian slang itu dimasukkan melalui lubang dan dialirkan ke selokan di jalan tersebut. Dinas LH DKI Jakarta mengimbau warga yang menemukan pelanggaran mengenai lingkungan agar segera melapor melalui aplikasi JAKI.

Truk tinja tersebut kini sudah didenda. Denda yang dikenakan sekitar Rp 500 ribu.

Simak video 'Warga Sebut Truk Tinja Buang Limbah Sembarangan Sudah Sering':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/haf)