Megawati Bicara di Forum BRICS, Ajak Parpol Dunia Atasi Masalah Kemanusiaan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 20:34 WIB
Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi pembicara dalam forum BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) Political Parties, Think Tanks, and Civil Society Organization Forum. Megawati menyinggung sejumlah isu kemanusiaan yang harus menjadi perhatian serta dicarikan solusinya oleh partai politik (parpol) di dunia.

Megawati sendiri hadir secara virtual melalui layanan telekonferensi, Kamis (19/5/2022) malam. Acara itu juga diikuti oleh Presiden China Xi Jinping.

Sejumlah perwakilan parpol dari BRICS dan non-BRICS pun menyampaikan pandangan, termasuk Megawati. Di awal pidatonya, Megawati menyapa Presiden Xi Jimping.

Megawati menyatakan forum dialog ini sangat penting di tengah berbagai dampak pandemi COVID-19 yang begitu luas bagi kehidupan. Dia juga menyinggung ketegangan baru akibat persoalan di Rusia-Ukraina.

"Dengan berbagai persoalan tersebut, apa yang dilakukan oleh forum ini, diharapkan membuka ruang dialog bagi partai politik. Dengan dialog dapat dibangun kesepahaman terhadap tanggung jawab partai politik bagi perdamaian dunia," ujar Megawati dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Megawati menyebut kerja sama partai politik melalui forum ini dapat difokuskan untuk beberapa isu lainnya, seperti pelatihan bersama kepemimpinan partai politik, institusionalisasi partai politik sesuai dengan kultur setiap bangsa hingga dan peran partai politik menjawab berbagai isu strategis seperti global warming, ekonomi, green economy, serta pentingnya kerja sama di bidang kebudayaan.

Megawati juga bicara secara khusus soal global warming. Baginya, isu ini sangat penting untuk disikapi mengingat ancaman yang ditimbulkan bagi masa depan, terutama berkaitan dengan ketersediaan pangan.

"Pangan sangat penting karena menyentuh kehidupan dasar setiap manusia yang harus dijaga selalu ketersediaannya. Jangan sampai krisis pangan menjadi persoalan bagi masa depan seluruh bangsa di dunia ini," ucap Megawati.

"Karena itulah kerja sama penelitian, peningkatan produksi dan diversifikasi pangan, menjadi sebuah hal penting yang harus segera dijawab melalui kerja sama partai politik," tambahnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'Megawati: Persoalan Semenanjung Korea Harus Diselesaikan Jalan Dialog':

[Gambas:Video 20detik]