Dishub Depok Evaluasi Kemacetan Imbas Penutupan Perlintasan KA Dewi Sartika

Dwi Rahmawati - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 12:43 WIB
Kondisi lalu lintas Jl Arief Rahman Hakim, Depok, macet imbas penutupan perlintasan KA Dewi Sartika, Rabu (18/5/2022).
Kondisi lalu lintas Jl Arief Rahman Hakim, Depok, macet imbas penutupan perlintasan KA Dewi Sartika, Rabu (18/5/2022). (Dwi Rahmawatu/detikcom)
Jakarta -

Kemacetan terjadi di Jalan Arief Rahman Hakim, Kota Depok, imbas penutupan perlintasan KA Dewi Sartika. Dishub Kota Depok mengevaluasi rekayasa lalu lintas terkait kemacetan tersebut.

Kepala Dishub Kota Depok Eko Herwiyanto mengatakan kemacetan di lokasi pengalihan arus terjadi karena masih ada warga yang belum mengetahui skema pengalihan lalu lintas. Kemacetan disebut Eko sempat terjadi di pagi hari, Rabu (18/5/2022), namun mencair menjelang siang dan sore.

"Untuk evaluasi rekayasa lalu lintas kemarin ada beberapa hal di antaranya masih ada pengguna jalan yang belum tahu rekayasa Lalin ini. Namun cenderung membaik di siang dan sore hari," papar Eko saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (19/5).

Kemacetan, menurut Eko, juga tidak terlepas dari dampak banjir di Jalan Raya Sawangan, tepatnya di sekitar Depok Town Center (DTC).

"Kemudian juga ada sedikit banjir di Jalan Raya Sawangan di sekitar DTC yang berpengaruh juga terhadap kecepatan lalu lintas," sambungnya.

Penerapan rekayasa lalu lintas di hari pertama, dikatakan Eko, akan dievaluasi. Dishub akan menambah rambu untuk mempermudah pengguna jalan.

"Langkah-langkah yang kami ambil setelah evaluasi hari pertama antara lain menambah rambu-rambu dan papan petunjuk untuk membantu para pengguna jalan," ungkapnya.

Sebelumnya, lalu lintas di Jalan Arif Rahman, Depok, macet pada Rabu (18/5) pagi. Diketahui, Jalan Arif Rahman Hakim merupakan pertemuan Jalan Sejajar Rel dan Jalan Margonda. Kemacetan diperparah lantaran beberapa pengendara yang ingin berputar balik di dekat Klinik Mutiara.

Pantauan detikcom di Jalan Nusantara Raya, Rabu (18/5), pukul 12.10 WIB, lalu lintas bisa dilalui dua arah. Lalin di Jl Nusantara mengarah ke Margonda terpantau padat lantaran pengendara menunggu antrean di pertigaan lampu merah menuju Jl Arief Rahman Hakim dan Kukusan, Beji, Depok. Sementara tujuan sebaliknya di Jalan Nusantara Raya, ke arah Jalan Pitara ramai lancar.

(mea/mea)