Catat! Tol Tangerang-Merak Km 56-57 Diterapkan Contraflow hingga 30 Juni

M Iqbal - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 10:32 WIB
Tol Tangerang-Merak
Tol Tangerang-Merak (Foto: dok. Astra Toll Tangerang-Merak)
Cilegon - Pengelola jalan tol Tangerang-Merak memberlakukan sistem contraflow di Km 56-57 hingga 30 Juni. Penerapan contraflow ini karena adanya pekerjaan jalan.

Contraflow di dilakukan dalam rangka pelebaran jembatan Ciujung setelah sempat dihentikan sementara selama arus mudik Lebaran 2022. Selama proses pengerjaan pelebaran jembatan Ciujung, Astra Tol Tangerang-Merak akan memberlakukan sistem contraflow mulai 17 Mei hingga 30 Juni 2022.

"Adapun progres kegiatan pekerjaan jembatan Ciujung saat ini telah mencapai 94,92%, pemberlakuan contraflow kali ini adalah untuk melanjutkan pekerjaan rekonstruksi jembatan eksisting arah Merak dengan lingkup penggantian dudukan jembatan dan penyambungan jembatan beton baru dengan jembatan beton lama sampai dengan pengaspalan lantai jembatan serta pergantian expansion joint," kata Kepala Departemen Manajamen Pemeliharaan dan Proyek Astra Tol Tangerang-Merak, Slamet Adriadi, melalui keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Skema contraflow dilakukan dengan menutup dua lajur pada jembatan beton lama arah Merak dan mengalihkan kendaraan satu lajur ke jalur arah Jakarta serta satu lajur pada jembatan baru arah Merak.

Bagi pengendara yang hendak menuju Jakarta tetap disiapkan dua lajur di sisi jembatan arah Jakarta. Contraflow akan dilakukan sepanjang 600 meter dari Km 56+700 sampai Km 57+300.

Setelah pekerjaan selesai, pengujian kekuatan jembatan akan dilakukan untuk memastikan bahwa jembatan memenuhi standar yang berlaku.

"Kami bersama kepolisian juga telah berkoordinasi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi antrean panjang karena kondisi darurat, dengan menginformasikan rute-rute alternatif yang dapat dilalui," ujarnya.

Pengelola jalan tol Merak mengimbau pengguna jalan yang berencana melakukan perjalanan untuk selalu memastikan kondisi kendaraan dan fisik yang prima. Selalu berhati-hati dalam berkendara dengan memperhatikan rambu lalu lintas yang berlaku dan mematuhi arahan dari petugas saat melintas di area proyek.

"Jika berada dalam keadaan darurat, pengguna jalan juga dapat menghubungi call center kami berikut: 0254-207878 atau 08001777879," kata dia.

Lihat juga video 'Jakarta Macet Lagi, Lebih Parah dari 2019?':

[Gambas:Video 20detik]



(bal/lir)