Jangan Ditiru! Puluhan Anak Muda Nebeng-Duduk di Atap Truk di Tangerang

Khairul Ma'arif - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 10:31 WIB
Ilustrasi Kecelakaan
Ilustrasi (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Tangerang -

Video yang memperlihatkan gerombolan anak muda memberhentikan truk untuk nebeng di Tangerang viral di media sosial. Puluhan anak muda itu lalu duduk di atap truk.

Video yang beredar itu menyebutkan peristiwa tersebut terjadi di Balaraja, Kabupaten Tangerang, Rabu (18/5/2022) siang. Dalam video terlihat puluhan anak muda itu duduk di atap truk dan 'tanduk' truk.

Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol Fikry Ardiansyah mengaku pihaknya belum mendapatkan laporan terkait kejadian itu. Namun, ia memastikan akan mencegahnya jika aksi itu didapati langsung oleh petugas di lapangan.

"Kalau melintas pos pasti diberhentikan dan disuruh turun semua karena membahayakan. Sampai saat ini belum ada," kata Fikry saat dihubungi detikcom, Kamis (18/5).

Fikry menghimbau masyarakat agar mengawasi dan sama-sama peduli untuk mencegah aksi serupa. Ia menyebut tindakan menebeng truk ini sangat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

"Data dari Satlantas Polresta Tangerang, dari awal tahun sudah 5 orang korban mati sia-sia akibat tindakan tersebut (nebeng)," tambahnya.

Ia juga mengimbau pengemudi truk jika sedang mengemudi dihentikan oleh yang hendak menebeng untuk menolaknya. Menurutnya, cara menolaknya ini dengan cara berhenti dan tidak melanjutkan perjalanan apabila ada anak-anak yang memaksa naik ke atas kendaraan.

"Kami imbau untuk pengemudi truk agar berhenti dan tidak melanjutkan perjalanan, apabila ada anak-anak yang memaksa naik ke atas kendaraan," tuturnya.

Lihat juga video 'Aksi Bajing Loncat Curi Besi dari Truk di Cakung':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)