Peran Aktif Lin Che Wei di Kasus Minyak Goreng Bikin Jaksa Heran

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 07:48 WIB
Tersangka baru kasus pemberian fasilitas ekspor CPO Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati
Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati (dok. Kejagung)
Jakarta -

Tersangka baru Kejagung dalam kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor crude palm oil (CPO) atau bahan baku minyak goreng, Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati membuat jaksa heran. Sebab Lin Che Wei diduga sering mengikuti rapat-rapat penting di Kementerian Perdagangan (Kemendag), padahal status Lin Che Wei di Kemendag tidak diketahui jelas.

"Yang jelas status dia kita nggak tahu di Kemendag sebagai apa dia di (Kementerian) Perdagangan tapi kok dia dilibatkan dalam setiap ada dalam rapat penting CPO," ucap Febrie Adriansyah selaku Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) di kantornya, Selasa (17/5/2022).


Ada Hubungan Khusus dengan Dirjen Daglu

Namun yang pasti, menurut Febrie, Lin Che Wei memiliki hubungan khusus dengan Indrasari Wisnu Wardhana yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri atau Dirjen Daglu di Kemendag. Wisnu sendiri sudah lebih dulu menjadi tersangka dalam perkara ini.

"Kebetulan dia (Lin Che Wei) ini kan sudah ada alat bukti diketahui ternyata ada hubungan dengan tersangka Dirjen dalam pengurusan CPO itu yang melawan hukum," kata Febrie.

"Kita kan dari alat bukti banyak. Kita lihat dari virtual zoom meeting, kita lihat dari transaksi dia ini sebagai apa, kemudian dia kerja di mana. Ternyata kan dari kerjanya juga sebagai konsultan," imbuhnya.


Jaksa Usut Siapa Dibalik Lin Che Wei Bisa Aktif di Kemendag

Jaksa Agung ST Burhanuddin menyebut Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjati adalah pihak luar Kementerian Perdagangan (Kemendag) tetapi turut aktif dalam menentukan kebijakan prosedur distribusi minyak goreng. Kejagung pun berjanji akan mengusut dalang di balik keterlibatan Lin Che Wei.

"Itu juga pertanyaan kita, konsultan perusahaan kok bisa di dalam Kementerian Perdagangan. Pertanyaannya sekarang lagi didalami oleh penyidik, siapa yang bawa, status dia apa," ujar Jampidsus Febrie Adriansyah di kantornya, Rabu (18/5/2022).

Febrie mengatakan saat ini penyidik sudah memiliki barang bukti keterlibatan Lin Che Wei. Febrie meyakini perbuatan Lin Che Wei melawan hukum. Saat ini, penyidik juga mendalami terkait keuntungan yang didapat Lin Che Wei.

"Tapi alat bukti menunjukkan bahwa Lin Che Wei itu memang terlibat pengurusan persetujuan ekspor yang kita anggap itu melawan hukum," tegasnya.

"(Keuntungan yang didapat Lin Che Wei) itu yang kita dalami," imbuhnya.

Simak video 'Siasat Lin Che Wei di Korupsi Minyak Goreng yang Bikin Heran':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di sini.