Live! Adu Perspektif: 24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi dari Filipina

Edward F. Kusuma - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 16:58 WIB
Jakarta -

Sejarah peristiwa Mei 1998 menjadi titik nol demokrasi di Indonesia. Sudah 24 tahun reformasi membawa gelanggang demokratisasi di tengah tantangan korupsi, polarisasi, hingga kepimpinan politik.

Demokrasi yang berjalan bukan sekadar isapan jempol, ada coretan catatan yang dapat dibanggakan dibanggakan. Namun belakangan, gelombang tantangan populisme kanan dan neo-otoritarianisme tampaknya mulai memberikan sinyal mengancam demokrasi dunia. Puja-puji terhadap sosok Putin, Erdogan, serta pemimpin otoriter dan sayap kanan lainnya mulai terlihat nyata dan meluas. Yang paling baru adalah bagaimana putra mendiang diktator Filipina Marcos, yakni Ferdinand 'Bongbong' Marcos Jr, memenangi pilpres Filipina.

Hasil Pemilu itu membuat lanskap politik Filipina dikuasai klan yang berpengaruh, tapi punya catatan merah di masa lalu. Kemenangan itu dibantu kampanye online yang masif, dengan mengklaim langkah politik Marcos memenjarakan ribuan warga sipil dan aktivis politik semata demi menciptakan ketertiban sosial.

Strategi politik lewat disinformasi sejarah itu kemudian menghadirkan kekhawatiran akan munculnya pola disinformasi yang sama di Tanah Air. Padahal, reformasi hadir salah satunya agar demokrasi tegak dan mampu melawan disinformasi citra buruk rezim di masa lalu.

detikcom kali ini berusaha menangkap sinyal gelombang ancaman demokrasi dari dalam dan luar negeri. Bersama sejumlah narasumber, kami akan melihat 'Apa yg sebenarnya terjadi di dunia?', 'Bagaimana Indonesia mengantisipasi tren politik yang berkembang?, termasuk potensi implikasinya terhadap peta pertarungan elektoral di Pemilu mendatang'.

Adu Perspektif mengangkat topik '24 tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi dari Filipina' bersama Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah, politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko, Direktur Eksekutif Freedom Institute Rizal Malarangeng, dan peneliti CSIS Edbert Gani. Disiarkan secara langsung dari detikcom, Rabu, 18 Mei 2022, pukul 20.00 WIB.

(edo/ids)