Pemprov DKI Bakal Bebaskan Lahan 300 Meter untuk Normalisasi Sungai

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 15:07 WIB
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Bina Marga Jakarta Yusmada Faizal saat groundbreaking pembangunan simpang susun Semanggi di Jakarta, Jumat (8/4/2016).
Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Yusmada Faizal (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta berencana melakukan pembebasan lahan untuk program normalisasi sungai. Total lahan yang bakal dibebaskan hingga 2023 mendatang sepanjang 300 meter.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Yusmada Faizal saat rapat kerja bersama Komisi D DPRD DKI Jakarta. Yusmada menyampaikan lahan yang dibebaskan berlokasi di Jati Kramat.

"Rencana kan kita yang di Jati Kramat, Pak, karena sudah ada pembebasan 300 meter," kata Yusmada saat pemaparan, Rabu (18/5/2022).

Adapun program ini masuk dalam rencana kerja Dinas SDA 2023. Pagu anggaran yang disiapkan sebesar Rp 237.832.917.

Selain normalisasi sungai, Dinas SDA juga melaksanakan pembangunan embung serta penampung air lainnya. Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp 673.110.639.897.

Sebelumnya, Program normalisasi sungai yang mandek karena rendahnya serapan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada 2021 disorot. Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap penyebabnya.

"Ya itu sudah pembebasan lahan. Di Jakarta itu banyak sekali yang harus dibebaskan. Tapi kami juga harus berhati-hati, jangan nanti di kemudian hari terjadi masalah," kata Riza kepada wartawan, Kamis (10/3/2022).

Riza khawatir upaya pembebasan lahan yang tak hati-hati bisa menimbulkan perkara di kemudian hari. Dia menyinggung soal banyaknya gugatan dari warga terkait sengketa lahan untuk normalisasi di periode sebelumnya.

(taa/eva)